Selasa, 24 Maret 2015

7 Kesalahan Fatal Penulis Pemula. #48


Para calon penulis/penulis pemula sering melakukan kesalahan-kesalahan fatal yang tidak mereka sadari saat melakukan kegiatan menulis. Karena mereka tak menyadarinya, maka mereka selalu mengulangi kesalahan tersebut. Kesalahan-kesalahan ini membuat mereka, sampai sekarang, masih begitu-begitu saja alias tulisannya tak mengalami kemajuan yang berarti. Bahkan ada yang sudah bertahun-tahun menulis, tapi masih belum juga berani menerbitkan buku. Apa sih kesalahan-kesalahan fatal tersebut ??    *Yuk kita bahas satu persatu kesalahan-kesalahannya. (Kesalahan2 tersebut adalah seringnya cuma "alasan2" yang jadi pembenaran diri untuk tidak/malas menulis.)



7 KESALAHAN FATAL PENULIS PEMULA :

#1. SIBUK, TIDAK ADA WAKTU UNTUK MENULIS.
Kesalahan yang pertama adalah selalu beralasan "sibuk" dan tidak ada waktu untuk menulis. Mereka terlalu sok sibuk dengan pekerjaannya, sok sibuk dengan sekolahnya, sok sibuk dengan urusan rumah tangganya dll. Padahal kerjaannya selama ini banyak dihabiskan hanya untuk facebookan, twitteran dan bergosip/gibah keburukan orang lain didunia nyata/maya. Sebenarnya mereka bukanlah tidak punya waktu untuk menulis, tapi mereka hanya tak bisa mengatur waktunya dengan baik dan benar. Waktu produktif mereka banyak yang terbuang, hanya untuk hal2 yang negatif dan tidak memberdayakan hidup.


Taukah kamu, bahwa kita hidup didunia ini, dalam satu hari, diberi jatah waktu yang sama semuanya olehTuhan. Yaitu selama 24 jam dalam satu hari, dan 7 hari dalam satu minggu. Siapapun dia, orang kaya atau orang miskin, orang sukses atau orang gagal, orang sibuk atau orang pengangguran, semuanya sama jatah waktunya selama satu hari(24 jam). Yang membedakannya adalah apa yang dikerjakannya selama 24 jam tersebut ? Oleh karena itu, sudah tak ada alasan lagi buat kamu untuk malas menulis. Karena jatah waktu kita sama semuanya, kamu sendirilah yang bisa mengatur waktunya. Kapan waktu kamu untuk bekerja, beribadah, bermain dan kapan waktu kamu untuk menulis. Cobalah mulai hari ini sediakan waktu kamu minimal 1-2 jam untuk menulis, dan menulislah setiap hari. Kemudian lihatlah keajaiban apa yang akan terjadi dalam kehidupanmu. 


#2. TIDAK PUNYA BAKAT MENULIS.
Banyak orang yang ingin menjadi seorang penulis, tapi baru beberapa hari menulis, mereka putus asa dan menyerah. Mereka merasa diri tak punya "bakat menulis", sehingga belum apa-apa sudah menyerah duluan. Bakat menulis itu bukanlah satu-satunya syarat untuk jadi penulis. Mungkin hanya 1% saja bakat menulis itu terpakai untuk menjadi seorang penulis ahli, selebihnya yang 99% adalah karena kerja keras dan usaha kamu dalam belajar + berlatih menulis. 


Sebenarnya menulis itu adalah suatu ketrampilan, dan yang namanya ketrampilan itu bisa dipelajari dan dilatih. Semakin kamu belajar(membaca buku tentang menulis) dan berlatih(praktek menulis) setiap hari, maka saya yakin, semakin hari kamu pasti juga akan menjadi ahli menulis. Kunci sukses menulis itu sesungguhnya cuma ada dua syarat saja, yaitu "banyak membaca buku dan praktek menulis setiap hari."  Makanya mulai hari ini, segeralah baca banyak buku2 yang berkualitas dan mulailah praktek menulis setiap hari dan kerjakan sekarang juga. :-)


#3. TIDAK PUNYA IDE TULISAN. 
Alasan yang sering jadi pembenaran diri untuk tidak menulis adalah biasanya karena tidak ada "ide tulisan." Mau menulis, tapi bingung apa yang mau ditulis. Semakin dipikir, malah justru jadi tambah bingung mau menulis apa ? akhirnya jadi malas menulis. Mempunyai ide tulisan itu memang penting dalam menulis, karena kalau kita punya ide tulisan, saat kita menulis, rasanya gampang banget menulisnya. Mengalir dan enak menulisnya. 


Kalau kamu saat ini masih bingung mencari ide tulisan, saya akan bagikan tips mudah mencari ide tulisan. Yaitu tak usah dicari ide tulisannya, karena ide tulisan itu kan tidak hilang, ngapain repot2 mencarinya hehehe...... Tugas kamu itu sebenarnya hanyalah "menjemput ide tulisan" , ide tulisan banyak sekali disekitar hidup kamu. Apa yang kamu pikir, kamu lihat, kamu dengar, dan kamu rasakan saat ini, maka itu semuanya adalah ide tulisan yang bisa kamu jadikan tulisan. Mulai hari ini juga, tak usahlah pusing memikirkan apa yang kamu ingin tulis, tapi tulislah apa yang sedang kamu pikirkan dan sedang kamu rasakan saat ini.


#4. TIDAK PUNYA JADWAL MENULIS.
Banyak penulis pemula yang menulis berdasarkan "mood"(suasana hati) saja, ketika mood nya lagi enak, dia sangat rajin menulis. Tapi saat mood nya lagi tidak enak, maka dia malas menulis, kadang sampai berbulan- bulan tidak menulis lagi. Alangkah baiknya ketika kamu menulis, kamu itu harus punya "jadwal menulis" yang baik dan teratur. Untuk apa gunanya jadwal menulis itu ? Yaitu agar kamu selalu rajin menulis, apapun keadaanmu saat itu, kamu harus tetap menulis setiap hari(sesuai dengan jadwal menulis yang kamu buat). Kalau kamu tak punya jadwal menulis, maka kamu menulisnya jadi se-enaknya sendiri dan menulisnya malas-malasan terus. 


Contoh jadwal menulis itu seperti ini : setiap hari kamu harus menulis minimal 1-2 jam. Waktu menulisnya terserah kamu, pagi boleh, malampun juga boleh. Misalnya kamu menulis saat bangun dari tidur, sehabis sholat shubuh. Atau kamu bisa juga menulis malam hari, saat kamu mau tidur. Kalau kamu sudah membuat  jadwal menulismu, maka kamu harus menaati jadwalmu dengan baik. Kalau kamu melanggar, harus ada hukumannya. Hukumannya terserah kamu saja. Yaitu hukuman yang bisa membuat kamu tambah semangat menulis lagi.    *Apakah kamu sudah membuat jadwal menulismu setiap hari ??


#5. TIDAK PUNYA TARGET MENULIS.
Apa sih target menulis itu ? target menulis adalah tujuan kamu dalam menulis atau bisa juga artinya impian kamu dalam menulis. Kalau kamu tak punya target/tujuan menulis, maka kamu menulisnya jadi malas-malasan. Kadang rajin menulis, kadang juga bosan menulis. Target/tujuan menulis akan membuat kamu selalu semangat menulis. Membuat kamu jadi sangat bergairah dalam menulis, karena kamu punya impian yang besar suatu hari nanti. 


Target/tujuan menulis itu contohnya adalah "membuat buku" hasil karya kamu sendiri. Kenapa membuat buku ? karena dengan membuat buku, maka tulisan-tulisanmu akan tersebar lebih banyak lagi ke orang lain. Dan bonusnya kamu juga akan mendapatkan uang(royalti )dari buku kamu yang sudah laku dibeli. Apalagi kalau buku kamu menjadi "buku best seller", maka kamu akan mendapatkan rezeki/uang yang banyak. Selain mendapatkan uang, kamu juga akan menjadi lebih terkenal sebagai penulis buku. Dan yang paling membahagiakan adalah kalau banyak pembaca buku kamu yang ter-inspirasi dan ter-motivasi oleh isi buku kamu.     *Yuk segera buat buku hasil karya mu sendiri...... :-)


#6. MALAS MEMBACA BUKU.
Bagaimana mungkin tulisanmu akan menjadi bagus, kalau kamu malas banget membaca buku ? Kalau kamu malas membaca buku, saya yakin tulisanmu pasti begitu-begitu saja(tidak ada kemajuan) dan akan sangat membosankan ketika dibaca. Begitupun sebaliknya, semakin kamu rajin banyak baca buku-buku berkualitas, maka pikiranmu akan lebih cerdas. Karena wawasanmu bertambah banyak dan kamupun mendapatkan "kosa kata" baru lagi untuk tulisanmu berikutnya. 


Agar tulisanmu semakin bagus dan enak dibaca, maka segeralah kamu beli buku-buku "tentang menulis", dan kemudian praktekkan isi dalam buku tersebut. Membaca buku2 tentang tips menulis, akan membuat kamu menjadi lebih tau tentang teori menulis yang baik dan benar. Setelah kamu tau teori menulisnya, maka kamu harus segera praktekkan tips menulisnya. Karena semakin kamu rajin "praktek menulis setiap hari", maka kamu pasti akan semakin ahli dalam menulis. Oh ya, kamu sebaiknya juga beli dan baca buku2 berkualitas yang lainnya, misalnya buku2 pengembangan diri/motivasi, buku2 biografi, buku2 bisnis, buku2 humor dll.

Rumus sukses menulisnya adalah semakin kamu banyak baca buku dan praktek menulis setiap hari, maka pasti tulisanmu akan semakin bagus dan enak dibaca.  

*RECOMMENDED BOOK (buku2 tentang menulis) => https://www.facebook.com/dani.kaizen/posts/10203034532058612?__mref=message_bubble



#7. TIDAK PRAKTEK MENULIS SETIAP HARI.
Apakah kamu menulis setiap hari ? berapa jam kamu menulis setiap hari ? (Jawab dalam hati kamu saja ya). Bagaimana mungkin tulisanmu akan menjadi bagus, kalau kamu menulisnya saja malas-malasan dan se-enaknya sendiri. Bagaimana mungkin tulisanmu nanti akan menjadi sebuah buku, kalau kamu malah lebih sibuk baca2 status facebook atau tweet twitter setiap hari. Selesaikan dulu tulisanmu(minimal satu artikel/satu halaman), kalau sudah selesai baru kamu boleh main2 didunia facebook/twitter. 


Taukah kamu, bahwa buku2 best seller yang tercipta itu adalah hasil dari proses yang panjang dan lama. Tidak ada buku bagus/bests seller yang tercipta dengan secara instan(satu hari doang). Buku2 atau novel2 yang best seller adalah hasil dari praktek menulis setiap hari para penulisnya. Mereka juga banyak baca buku sebagai referensi dari tulisannya. Mereka punya jadwal menulis yang teratur dan punya target menulis yang harus diselesaikannya. Mereka rajin menulis dan tak pernah putus asa/tak menyerah bila naskah bukunya ditolak oleh penerbit buku. Kebanyakan buku2/novel2 best seller itu adalah sudah mengalami banyak penolakan dari penerbit buku. Karena kegigihan mereka yang pantang putus asa, maka pada akhirnya juga, ada penerbit buku yang mau menerbitkan naskah bukunya. Dan sekarang mereka mulai memanen hasil dari tulisannya.    *Apakah kamu sudah praktek menulis setiap hari ??



=> Ayo mulai hari ini, menulislah sekarang juga, tanpa tapi (banyak alasan) dan tanpa nanti(suka menunda-nunda terus). :-)



(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga,  Selasa 24 Maret 2015, jam 02:00 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...