Rabu, 04 Maret 2015

Mengapa Orang Lain Malas Membaca Tulisanmu ?? #28


Pernah tidak kamu malas banget baca tulisan seseorang ?? sebenarnya sih tulisannya bagus, tapi entah gimana, kok rasanya malas banget baca tulisan tersebut. Baru membaca paragraf pertamanya saja sudah malas, apalagi baca seluruh isi tulisannya.. Kalau kamu pernah mengalami hal tersebut, saya juga pernah. Setelah saya selidiki dengan "cara yang seksama dan dalam tempo/waktu yang sesingkat-singkatnya"(baca teks proklamasi), ternyata memang ada hal-hal yang sangat penting yang harus kamu ketahui dalam menulis sesuatu. Apa itu ? Ada deeehhhhh......hehehe :-)



Mengapa orang lain malas membaca tulisanmu ?? Ya tentu saja banyak alasannya orang lain malas membaca tulisanmu. Setiap orang punya alasan tersendiri ketika malas membaca tulisan seseorang. Dan setelah saya selidiki dengan bantuan detektif conan edogawa (baca disini :http://conanianscanlation.blogspot.com/), ternyata memang ada hal-hal yang harus kamu hindari saat kamu menulis. Dan inilah hal-hal yang sering membuat orang lain malas membaca tulisan kamu : 


#1. JUDUL TULISANNYA TIDAK MENARIK DAN BIASA SAJA.
Mengapa hanya karena sebuah judul tulisan bisa membuat orang malas membacanya ? ya karena judul tulisan itu penting dan sangat "power full" untuk menarik orang lain agar membaca tulisan kamu. Kalau judul tulisan kamu seadanya saja, tidak menarik dan biasa saja, Maka saya jamin orang lain pasti akan kabur terlebih dulu sebelum membaca isi tulisan kamu seluruhnya. 


Mulai sekarang buatlah judul tulisan yang menarik dan luar biasa, yaitu judul tulisan yang "cetar membahana dan sesuatu banget"(mode on syahrini). Yaitu judul tulisan yang bisa membuat orang lain jadi "penasaran" untuk membacanya. Bagaimana contoh judul tulisannya ?? contohnya seperti ini : " 7 KESALAHAN FATAL DALAM BER-AGAMA", isi tulisannya silahkan cek disini => http://bukukaizen.blogspot.com/2015/02/7-kesalahan-fatal-dalam-beragama-note-6.html


#2. PARAGRAF TULISANNYA TERLALU GENDUT(panjang).
Sering saya lihat tulisan seseorang itu isinya sangat bagus, tapi banyak orang malas baca tulisannya, termasuk saya juga malas membacanya. Mengapa malas membacanya ?. Setelah saya amati dan cermati, ternyata penyebabnya adalah karena "paragraf kalimatnya terlalu panjang". 


Kalau tulisan kamu paragrafnya terlalu panjang, maka saya jamin akan membuat mata pembaca cepat perih dan lelah, terkadang kepala juga ikut-ikutan menjadi pusing. Ini contoh paragraf yang panjang dan bikin pusing pembacanya => http://3.bp.blogspot.com/-giA402zeraY/UdyiyBoqnfI/AAAAAAAAJFI/X9jpnLGfGBA/s1600/1545_4930527795393_672006289_n.jpg



#3. SPASI ANTAR PARAGRAFNYA TERLALU MEPET(dekat).
Kalau tulisan kamu spasi antar paragrafnya terlalu mepet dengan paragraf dibawahnya, maka akan membuat mata pembacanya cepat perih dan lelah. Mengapa spasi yang pas penempatannya didalam antar paragraf itu penting, karena spasi itu akan membuat "jeda" mata pembaca untuk rileks/istirahat sebentar saat membaca tulisan yang panjang. 


Spasi atau ruang yang kosong antar paragraf itu sangat penting dalam sebuah tulisan, apalagi kalau tulisannya panjang. Gunanya adalah untuk membuat mata pembaca istirahat sebentar, agar bisa lebih enak untuk membaca tulisan berikutnya.



#4. ISI TULISANNYA TERLALU PANJANG.
Banyak tulisan-tulisan di internet yang saya baca, isinya bagus-bagus dan bermanfaat. Tapi sayangnya, tulisannya kebanyakan panjang "pakai" banget. Sehingga baru membaca separo tulisannya saja, mata sudah lelah dan malas untuk melanjutkan membacanya. Kalau menulis sebuah artikel lebih baik tulisannya jangan terlalu panjang, karena "bawah sadar" manusia itu tidak suka baca tulisan-tulisan yang terlalu panjang(kecuali menulis novel). 



=> Karena tulisan ini ternyata sudah panjang kali lebar sama dengan luas, maka saya akhiri dulu ya, kapan-kapan saya lanjutkan lagi. Selamat menulis........dan salam cium dari jauh untuk kalian semuanya...........muaaaaaaccccchhhhh.......muaaaaaccchhhhhh............ dadaaaaahhhhh........ :-) 




(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga , Rabu 04 Februari 2015, jam 22:05 wib)



8 komentar:

  1. Astaga -_-
    Tulisan nya di pending. Klo udh selesai kasih tau yah mas. Hehe lwt chat facebook :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Citra Pradipta Hudoyo, hahahahaa.....iya tadi mau nulis.....eh mata malah ngantuk....ya udah gak jadi nulis......hehehe.....

      kamu bisa baca tulisan yang ini dulu =>
      1. YUK MENULIS => http://bukukaizen.blogspot.com/2015/03/yuk-menulis-26.html

      2. TIPS MENULIS => http://bukukaizen.blogspot.com/2015/03/tips-menulis-27.html

      *terimakasih sudah mampir :-)

      Hapus
  2. Bangun, dah pagi ni... Ditunggu tulisannya... Hehehe

    BalasHapus
  3. @Adi Pradana, sudah bangun dari tadi subuh.......tulisannya sudah saya selesaikan tuh diatas dan silahkan baca tulisan kelanjutannya ya......semoga bermanfaat buat kamu :-)

    *salam blogger :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Adi Pradana, sip (Y) :-)

      *terimakasih sudah mampir diblog ini dan membaca artikelnya.... :-)

      Hapus
  4. Ahaha benar juga yah, 4 hal di atas bikin kita males membaca. Soalnya merepotkan :D

    Oke siap, mulai sekarang bakal lebih berhati-hati menyusun kerangka. Agar tulisan lebih nyaman untuk dibaca. Hehe
    Terima kasih mas atas ilmu nya... salam berbagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Citra Pradipta Hudoyo, oke, ya sama2 mas citra.....salam kaizen :-)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...