Sabtu, 14 Maret 2015

Tips Mudah Agar Mendapatkan Lebih Banyak Pengunjung Blog. #38


Sebuah blog yang banyak pengunjungnya adalah impian dan dambaan setiap blogger/penulis blog. Karena blog yang banyak pengunjungnya, menandakan blog itu isi artikelnya pasti bagus dan bermanfaat. Apalagi kalau para pengunjung blog yang banyak itu juga berkomentar diblog kita, itu artinya blog kita sangat menarik bagi pengunjung blog. Oleh karena itu, hari ini saya akan memberikan tips mudah agar blog kamu lebih banyak pengunjungnya. 



1. Pakailah template/tampilan blog yang bagus dan sederhana.
 Menggunakan template/tampilan blog yang aneh2 & rame banget backgroundnya, justru itu akan menyulitkan pengunjung dalam membaca artikel yang ada diblog kamu. Tampilan blog yang bagus dan sederhana pasti akan lebih enak dan sejuk dipandang oleh mata pengunjung blog. Dan pastinya kecepatan/loading blognya jadi terasa ringan dan kencang.


2. Tulislah artikel2 yang berkualitas, menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.
 Jika kamu punya suatu keahlian tertentu yang positif, maka segeralah tulis di blog kamu dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh banyak orang. Artikel2 yang berkualitas itu pasti akan membuat pengunjung blog merasa senang, betah dan nyaman bertamu dirumah blog kamu.


3. Rajin-rajinlah update artikel terbaru didalam blog kamu.
 Banyak2lah membaca buku atau membaca artikel diblog orang lain, agar kamu mudah mendapatkan ide cemerlang untuk menulis diblog. Tulislah minimal satu artikel setiap seminggu sekali, dan lebih baik lagi kalau kamu bisa waktunya, tulislah satu artikel setiap hari(menulis setiap hari). Menulis artikel yang teratur setiap hari itu akan membuat kamu menjadi seorang ahli menulis. Dan para pengunjung blog kamupun pasti akan mendapatkan ilmu/hal2 baru setiap harinya dari blog kamu.


4. Blog walking alias sering2lah jalan-jalan ke blog orang lain dan berkomentar positif.
 Bacalah artikel terbarunya, kemudian komentarilah dengan bahasa yang baik dan santun.  Mungkin saja disana/diblog orang lain, kamu malah mendapat "ide" tulisan yang bagus dari berkunjung dan membaca artikel terbarunya. Dan jangan lupa Follow/ikuti juga blognya, kalau ada buku tamunya/cbox, tinggalkan jejak kamu dengan menyapa pemilik blog.


5. Mudahkanlah pengunjung blog dalam berkomentar.
 Hapus atau hilangkan chaptcha/verifikasi kata dan moderasi/persetujuan admin dalam kotak komentar diblog kamu. Karena kalau di blog kamu masih ada verifikasi kata dan moderasi, itu hanya akan membuat pengunjung blog malas untuk berkomentar di blog kamu.


6. Jawablah secepat mungkin komentar dari pengunjung blog.
 Komentar yang tidak dijawab, hanya akan membuat pengunjung blog merasa di abaikan/tidak dihargai. Dan itu akan membuat pengunjung blog menjadi malas untuk berkomentar lagi di blog kamu. Jawablah komentar dari pengunjung blog dengan bahasa yang santun dan baik. Karena menjawab komentar adalah sebuah penghargaan/rasa terimakasih dari kamu sebagai pemilik blog kepada para pengunjung blog, yang sudah bersedia dengan senang hati berkomentar di blog kamu.


7. Promosikanlah blog kamu dengan rajin dan senang hati.
 Misalnya promosikan blog kamu didinding facebook kamu, di grup facebook(komunitas blogger), fans page facebook, twitter, google plus, kaskus, blogkompasiana, blogdetik, atau promosikan juga dirumahnya mbah google. Jika kamu menulis status/berkomentar didinding facebook, cobalah sertakan link blog kamu, agar orang lain tau "nama blog" kamu dan kemungkinan besar dia juga akan mampir/berkunjung diblog kamu.


8. Jadilah diri sendiri yang percaya diri.
 Maksudnya adalah jujur kepada diri sendiri, sertakanlah foto profil asli kamu dan biodata asli kamu pada about me/tentang saya. Pengunjung blog akan sangat respek/hormat kepada orang-orang yang jujur, karena kejujuran itu adalah langkah pertama kamu untuk dipercaya oleh orang lain.


9. Teruslah belajar kepada orang-orang yang ahli didalam dunia blog.
 Belajarlah terus dari artikel2/tulisan orang2 yang sudah terkenal didalam dunia blog. Bertemanlah dengan para blogger popular di facebook atau twitter, follow/ikuti juga blog mereka. Bertanyalah kepada ahlinya/Master blogger tentang hal2 penting dalam blogging. Teruslah belajar + berlatih menulis yang baik dan menarik serta ikutilah saran2 dari para blogger2 yang sudah hebat. Tak usah banyak alasan atau membantah, jika ada blogger lain yang memberikan nasehat/saran/kritik terhadap blog kamu agar blog kamu menjadi lebih baik lagi.


10. Berterimakasihlah dengan tulus kepada para pengunjung blog kamu.
 Siapapun dia/pengunjung blog kamu, orang tua atau anak kecil, laki2 atau perempuan, seorang Master ataupun pemula sekalipun. Mereka layak mendapatkan penghargaan/apresiasi dari kamu. Walaupun itu terkadang hanyalah sekedar ucapan kata terimakasih yang tulus. Dan taukah kamu, karena keberadaan merekalah/pengunjung blog, blog kamu menjadi lebih "hidup" dan terus bertahan sampai hari ini.


Terimalah dengan lapang dada dan jiwa yang besar setiap kritik/saran dari para pengunjung blog. Jika ada yang bertanya lewat kotak komentar, jawablah sesuai kemampuan yang kamu punya dengan bahasa yang mudah dipahami dan juga santun kata2nya.


Demikianlah tips mudah agar kamu mendapatkan pengunjung blog yang lebih banyak dari pengalaman ngeblog saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan juga bisa langsung dipraktekkan tipsnya oleh para pembaca blog ini.


#Terimakasih semuanya, salam blogger  :-)   => (http://danikaizen.blogspot.com/)


(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Sabtu 14 Maret 2015, jam 08:54 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...