Selasa, 24 Februari 2015

Berbagi Tak Pernah Rugi. #20


Banyak orang yang masih berpikir kalau kita berbagi, maka kita akan rugi. Kata mereka : saat kita berbagi uang, maka kita akan kehilangan uang. Kalau kita berbagi ilmu, maka ilmu kita akan berkurang juga. Begitulah yang selama ini mereka pikirkan tentang berbagi uang dan berbagi ilmu. Padahal yang sebenarnya adalah saat kita berbagi uang/bersedekah, maka justru rezeki uang kita akan semakin banyak dan terkadang datangnya rezeki dari arah yang tidak kita sangka2 sebelumnya. Begitupun juga, kalau kita berbagi ilmu, maka justru ilmu kita akan semakin bertambah luas dan pemahaman ilmu kita akan semakin mantap.



Berbagi itu bukanlah hanya soal uang dan ilmu saja, banyak hal didunia ini yang bisa kita bagi kepada orang lain. Yang paling penting adalah kita berbagi hal2 kebaikan yang bermanfaat untuk  banyak orang. Berbagilah sesuai kemampuanmu, tak perlu memaksakan diri untuk berbagi yang kamu justru menjadi menderita sendiri. Berbagilah hal-hal yang kamu ahli dibidang tersebut, karena keahlianmu itu pasti akan sangat bermanfaat untuk orang lain. Dan berbagilah saat ini juga, tidak pakai tapi (banyak alasan) dan tidak pakai nanti(suka menunda-nunda terus). 


Jika kamu suka membaca buku, maka kamu bisa berbagi dengan mengajarkan hal2 yang sudah kamu baca selama ini. Pasti banyak hal yang kamu dapatkan setelah membaca buku, hal2 yang terkadang orang lain belum pada tau. Kamu bisa mengajarkan ilmu yang kamu dapatkan dari membaca buku kepada keluargamu sendiri terlebih dulu. Kalau kamu sudah menikah dan mempunyai anak, kamu bisa ajarkan ilmu yang kamu dapatkan dari buku itu kepada anakmu. Kalau anakmu belum bisa membaca, maka kamu bacakanlah buku tersebut, biarkanlah anakmu mendengarkannya. Kalau anakmu sudah bisa membaca, maka membacalah bersama-sama anakmu, kedekatan kamu dengan anakmu, itulah yang akan membuat anakmu menjadi bahagia. 


Kalau kamu suka menulis, maka bagikanlah tulisan2mu yang bermanfaat kepada orang lain. Tulisanmu bisa kamu bagikan lewat "note/catatan facebook", atau kalau kamu bisa membuat blog, bagikanlah tulisanmu didalam "blog" kamu. Kalau tulisan diblog kamu sudah banyak, maka bisa dijadikan sebuah "buku cetak" hasil karya kamu sendiri. Kalau sudah jadi buku cetak, kemungkinan orang yang membacanya akan lebih banyak dan lebih banyak juga orang2 yang bisa ter-inspirasi karena tulisan kamu dibuku tersebut.


 Apapun kelebihanmu dan keahlianmu saat ini, bisa kamu bagikan kepada orang lain. Jangan pernah menunggu kamu harus siap dulu, karena sampai kapanpun kamu tak akan siap. Lakukan sekarang juga, sebelum nanti kamu menyesal dikemudian hari yaitu saat kamu sudah tua tak berdaya dan sakit-sakitan. Sekaranglah saatnya kamu berbagi, mumpung kamu masih muda dan sehat. Jangan banyak alasan ini dan itu, dan jangan juga terus menunda-nunda, karena kamu tak akan tau sampai kapan kamu akan terus hidup didunia ini. Lakukan sekarang juga, jangan banyak mikir. 


=> Berbagi itu tak akan pernah rugi, karena semakin banyak kamu berbagi, maka semakin banyak pula kamu akan menerima rezeki." :-)


(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Selasa 24 Februari 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...