Senin, 16 Februari 2015

Bersyukurlah, Maka Rezekimu Akan Semakin Mudah dan Bertambah Berkah. #12


Bersyukur menurut yang saya tau adalah sebuah ungkapan rasa TERIMAKASIH kita kepada Tuhan yang maha pengasih dan penyayang, baik itu berupa ucapan, tulisan ataupun perbuatan. Karena selama ini Tuhan telah begitu baik kepada kita didunia ini, DIA memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita yang tak terhitung jumlahnya. Dalam hidup ini, terkadang kita terlalu banyak meminta/berdoa kepada Tuhan untuk memenuhi segala keinginan duniawi diri kita sendiri. Keinginan-keinginan duniawi yang hanya untuk memuaskan hawa nafsu diri sendiri saja. Makanya seringkali kita lupa untuk BERSYUKUR kepada Tuhan, karena kita terlalu sibuk berdoa alias meminta ini dan itu terus kepada Tuhan dalam setiap ibadah yg kita lakukan sehari-hari.



Hakikat Berdoa

Apa berdoa itu tidak boleh ?? boleh saja kok kita berdoa kepada Tuhan, bahkan dianjurkan dalam kitab suci. Yang tidak boleh adalah kalau kita berdoa itu cuma meminta-minta terus kepada Tuhan, bahkan kadang seperti menyuruh-nyuruh dan memaksa kepada-NYA. Banyak orang yang belum tau, bahwa berdoa yang paling ampuh dan mustajab adalah dengan BERSYUKUR kepada-NYA, yaitu bersyukur dalam ucapan dan juga tindakan. Bersyukur dalam ucapan itu contohnya adalah seperti kata2 Alhamdulillah (Islam) atau Puji Tuhan(Kristen) atau dengan kata2 yg lainnya, intinya adalah ucapan terimakasih kita kepada Tuhan. Kalau bersyukur dalam tindakan itu contohnya adalah berbuat kebaikan kepada semua makhluk-NYA yaitu kepada sesama manusia, hewan, tumbuhan dan lainnya.


Bersyukur (Berterimakasih) Kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Bersyukur yang paling pertama adalah bersyukur kepada Tuhan yang maha pengasih dan penyayang, yaitu dengan jalan beribadah kepada-NYA sesuai dengan agama dan keyakinannya masing2. Apapun agama yg kamu yakini sekarang ini, maka jalankanlah ajarannya dengan kesadaran dan ikhlas. Kesadaran itu maksudnya adalah kamu mengerjakan perintah-NYA dari hati sendiri, bukan karena disuruh orang lain/terpaksa ataupun karena cuma gugur kewajiban saja. Kalau ikhlas itu maksudnya adalah kita mengerjakan ibadah itu murni karena Lilllahi Ta'ala(hanya karena mengharap ridho Tuhan saja), bukan karena pamrih dunia ataupun pamrih akherat. Pamrih dunia itu contohnya adalah mengharap pujian dari orang biar dianggap sebagai orang yg sholeh. Pamrih akherat itu contohnya adalah ibadah yg kita lakukan cuma karena takut siksa neraka dan ngebet banget pengin merasakan nikmatnya surga.



Bersyukur (Berterimakasih) Kepada Kedua Orang Tua

Bersyukur yang utama adalah bersyukur atau berterimakasih kepada kedua Orang Tua kita sendiri, karena mereka berdualah kita ada didunia ini. Tanpa kehadiran mereka berdua, maka kitapun tidak akan pernah lahir didunia ini. Kita lahir ke dunia ini kan karena hasil "kerja sama" yang hebat antara bapak dan ibu didalam kamar tidurnya.... hehehe :-). Sungguh sangat besar jasa orang tua kita selama ini, mereka begitu luar biasa merawat dan membesarkan kita dari bayi sampai sedewasa ini. Maka wajiblah kita berterimakasih kepada ke dua orang tua kita dengan jalan selalu berbuat baik kepada mereka berdua.


Apapun perintah mereka berdua, yg penting masih dalam hal kebaikan, maka kerjakanlah. Jangan pernah kecewakan hati mereka berdua dengan kelakuanmu yang buruk, karena kelakuanmu yang buruk pasti akan membuat hati mereka sedih. Kalau kamu diluar kota dan sibuk banget dengan pekerjaanmu, maka pulanglah sekarang juga kerumah orang tuamu, dan minta maaflah kalau selama ini sudah membuat susah mereka berdua. Atau kalau sekarang orang tuamu sudah meninggal dunia, maka segera ziarahlah kekuburannnya, dan do'akanlah mereka berdua.



Bersyukur (Berterimakasih) Kepada Seluruh Anggota Tubuh Kita Sendiri

Bersyukur yang selanjutnya adalah bersyukur/berterimakasih kita kepada seluruh anggota tubuh kita sendiri. Karena seluruh anggota tubuh kitalah, kita masih bisa menikmati hidup didunia ini. Berterimakasihlah kepada badan, kepala, mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki, kemaluan dan lainnya. Dan juga berterimakasihlah kepada anggota tubuh kita yang didalam tubuh kita sendiri seperti otak, jantung, paru-paru, hati, usus, limpa, ginjal, otot, darah, tulang dan lainnya. Karena keberadaan merekalah (semua anggota tubuh), kita didunia ini bisa beribadah, bekerja, sekolah/kuliah, piknik dan masih bisa menikmati keindahan hidup dunia ini.


Sudahkah kamu berterimakasih kepada mereka ? Bagaimana caranya ? salah satunya adalah dengan jalan kamu merawat tubuhmu melalui olah raga yang teratur, atau bisa juga dengan berpikir positif(otakmu jadi sehat), bacalah buku2 yg berkualitas,  dan makan/minumlah yang halal dan yg baik2 saja. Karena bagaimanapun juga mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Maka jagalah tubuh kamu dengan gaya hidup sehat dan pikiran positif.



Hakikat Bersyukur 

Bersyukur itu bukanlah hanya disaat kita mendapatkan nikmat dari Tuhan saja, sebaiknya kita bersyukur itu didalam segala hal. Apapun yang terjadi kepada kita saat ini, itu adalah yang terbaik buat diri kita sendiri. Walaupun kelihatannya tak menyenangkan bagi kita, tapi yakinlah, semua kejadian yang kita alami didunia ini pasti ada hikmahnya atau ada suatu "pembelajaran hidup" yang harus kita pelajari. Pembelajaran hidup yang akan membuat hidup kita nantinya menjadi lebih baik dan lebih bijak. Begitupun juga ketika kita bertemu dengan orang2 yang sangat "menyebalkan" dalam hidup kita, maka sesungguhnya mereka adalah "guru2" kita yang sedang mengajari kita tentang ilmu sabar, ikhlas, dan rendah hati. Tanpa kehadiran mereka, maka ilmu yang kamu pelajari itu cuma sebatas teori saja.  


Dan ketika kita sudah bersyukur kepada Tuhan, bersyukur/berterimakasih kepada Orang Tua, berterimakasih kepada anggota tubuh kita sendiri, dan bersyukur dalam situasi apapun, maka lihatlah apa yg terjadi dengan kehidupan kita. Dengan bersyukur, maka Tuhan akan menambah nikmat-NYA kepada kita, yaitu berupa REZEKI yang tak terbatas dan terkadang tak kita duga datangnya.



Hakikat Rezeki 

Rezeki itu bukanlah dalam bentuk uang saja, rezeki itu sangat luas maknanya, mempunyai tubuh yang sehat adalah rezeki, mempunyai keluarga yang harmonis adalah rezeki, mempunyai pekerjaan yang kita senangi adalah rezeki, mempunyai teman2 yg baik hati adalah rezeki. Bahkan kamu masih bisa membaca tulisan sayapun adalah suatu rezeki, yaitu rezeki kehidupan alias kamu masih hidup sampai saat ini.




=> "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti KAMI akan menambah nikmat-KU kepadamu.........(QS. Ibrahim 14:7)



=> SUDAHKAH KAMU BERSYUKUR DIHARI INI ??? 



(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Senin 16 februari 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...