Kamis, 19 Februari 2015

Kerja Cerdas Dengan Bisnis Online. #15


Pernah tidak kamu merasa bosan banget kerja jadi karyawan atau kerja kantoran/PNS ?. Setiap hari berangkat pagi pulang sore, terkadang lembur pulangnya malam. Harus tidur gasik/awal agar kamu tidak bangun kesiangan, apalagi kalau kamu kerja dikota-kota besar seperti jakarta, berangkat kerja jalan raya macet, saat pulangpun jalan raya masih macet juga. Walaupun kerja pulang sore hari, karena jalan raya setiap hari macet, makanya sampai rumah sudah waktu maghrib, kadang malah sampai rumah malam hari. Badan terasa remuk redam, penginnya langsung tidur, karena badan sudah lelah -pakai- banget.



Setiap hari rutinitas kerja dipabrik/kantor begitu membosankan, yang dikerjakan itu-itu saja. Setiap hari selalu kerja dan kerja, hidup seperti dikejar-kejar oleh waktu. Kalau terlambat sedikit, maka rezekimu bisa disambar oleh orang lain. Hidup dalam rutinitas kerja yang monoton alias sama terus, pasti membosankan dan melelahkan jiwa dan raga kamu. Apalagi kalau kamu sudah menikah, punya istri dan anak yang menjadi tanggung jawab kamu. Maka sebagai seorang suami dan ayah, kamu wajib bekerja keras membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga, yang semakin hari semakin mencekik leher(karena harga barang2 semakin mahal).


Daripada terus pusing memikirkan pekerjaan kamu saat ini(di pabrik dan dikantor) yang sungguh membosankan dan melelahkan badan juga pikiran kamu. Yuk kamu cari alternatif pekerjaan yang lebih mudah dan tidak menguras tenaga kamu. Pekerjaan yang bisa dikerjakan dimana saja, bahkan bisa dikerjakan didalam rumah kamu sendiri. Pekerjaan inipun bisa dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga dirumahnya masing-masing. Pekerjaannya sangat mudah dipelajari oleh siapapun juga, yang penting bisa membaca dan menulis. Pekerjaan ini sering disebut dengan "bisnis online" alias jualan barang di dunia maya. Atau sering juga disebut dengan "toko online" alias toko yang ada didunia maya/internet. Kamu bisa menjual apapun di toko online kamu, yang penting barang2nya legal dan tidak melanggar undang2 pemerintah republik indonesia.


Kelebihan toko online dibandingkan dengan toko offline adalah toko online itu bisa buka selama 24 jam, tokonya tidak perlu ditungguin terus, jangkauan pembelinya bisa sampai seluruh indonesia bahkan bisa sampai seluruh dunia, tidak perlu bayar sewa toko, tidak perlu menggaji karyawan, keuntungannya lebih banyak, kerjanya bisa dimana saja(dirumah juga bisa), pekerjaanya ringan dan tidak menguras tenaga, tidak terkena macet dijalan raya yang sering membuat kamu stress dan pusing tujuh keliling.


Modal buka toko online itu lebih murah daripada buka toko offline, kalau kamu tak punya modal besar, maka kamu bisa buka toko online menggunakan blog gratissan seperti blogspot atau wordpress. Atau bisa juga promosikan jualan kamu secara gratis dimedia social seperti facebook(grup facebook dan fans page facebook),  twitter, G plus, instagram dll. Kamu juga bisa iklanin/promosikan barang jualan kamu secara gratis di FJB Kaskus, OLX, Berniaga, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Yang paling penting adalah kamu sudah punya "senjata" untuk kemudahan transaksi ditoko online kamu, yaitu no HP/BB/WhatsApp yang bisa dihubungi, no rekening bank untuk transfer pembayaran, website/blog sebagai katalog toko online kamu.


Kalau kamu tak punya barang yang bisa dijual ditoko online, maka tak usah bingung2, karena kamu bisa juga menjual barang orang lain. Dalam dunia maya cara ini sering disebut dengan "dropship" artinya menjual barang orang lain tanpa kamu memiliki barang terzebut. Kamu tak perlu stok barang jualan kamu dirumah, dan kamu tak perlu repot2 untuk packing/membungkus dan juga mengirim barang jualannya. Tugas kamu cuma promosikan barang jualan tersebut ditoko online, dan kalau ada yang minat ingin beli, maka kamu tinggal hubungi yang punya barang tersebut.


Untuk transaksinya, pembeli transfer ke no rekening kamu, kemudian kamu transfer ke no rekening yang punya barang. Pengiriman menggunakan nama kamu sebagai penjualnya. Yang punya barang hanya bertugas membungkus dan mengirim barangnya lewat jasa pengiriman JNE, TIKI atau Kantor Pos terdekat.  Bagaimana? beminatkah kamu untuk jual online secara "dropship" ??  Enak kan ? menjual barang tapi tidak perlu produksi barang tersebut dan tidak pusing mikirin stok barang atau menggaji karyawan. 


Sesungguhnya rezeki itu bisa didapatkan darimana saja, tidak harus kerja jadi karyawan pabrik atau harus kerja jadi PNS dikantor. Jalur rezeki itu sangat banyak dan terbentang luas dimuka bumi ini. Kamu bisa mencari rezeki lewat jalur apapun juga, yang penting masih dijalur kebaikan dan bermanfaat bagi banyak orang. Kalau kamu selama ini sudah "kerja keras", tapi hidupmu malah seperti dikejar-kejar waktu dan sangat melelahkan + membosankan. Maka kini waktunya kamu untuk tak sekedar kerja keras melulu, tapi harus juga bisa untuk "kerja cerdas" yaitu kerja yang tidak cuma mengandalkan fisik semata, tapi juga otak yang cemerlang.


Kerja cerdas adalah kerja yang santai tapi hasilnya sungguh luar biasa untuk kebutuhan hidupmu. Kerja cerdas tidak diiatur oleh waktu, tapi kamulah yang mengatur waktunya. Kamu bisa kerja sesuka kamu, tempat kerjamu bisa dimana saja(dikamarmu juga bisa). Kamu sekarang tak perlu takut atau was-was kalau kamu bangun kesiangan dan nanti bisa dipecat oleh bosmu, karena kamu sendiri adalah BOSnya. hehehehe :-)



=> Rezeki itu tak mungkin tertukar, karena setiap orang sudah ada rezekinya masing-masing. Rezeki tak perlu dicari dengan menghalalkan segala cara, karena hanya akan melelahkan dirimu saja. Tugas kamu itu sebenarnya hanyalah "menjemput rezeki" sesuai dengan wadah rezekimu sendiri. Jemputlah rezekimu dengan cara yang baik, karena cara yang baik akan membuat rezekimu menjadi bermanfaat dan berkah. :-)



(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, kamis 19 Februari 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...