Minggu, 22 Maret 2015

Aku Menulis, Maka Aku Ada. #46


“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk ke-abadian.” (Pramoedya Ananta Toer). 


Saya sangat setuju sekali dengan kalimat diatas. Kalimat yang sangat inspiratif dan mencerahkan dari penulis hebat Pramoedya Ananta Toer. Saya yakin banyak sekali orang-orang yang pandai didunia ini, tapi kebanyakan mereka hilang dari sejarah, karena mereka tak sempat menuliskan ilmunya dalam sebuah buku. Mereka terlalu sibuk dengan pekerjaannya, sehingga tak ada waktu untuk menulis buku. Sungguh sangat merugi orang yang punya banyak ilmu pengetahuan/keahlian, tapi dia tak sempat menulis sebuah buku. Karena ilmunya akan hilang dan terlupakan setelah dia mati meninggalkan dunia ini.



Berbeda dengan orang2 yang punya ilmu pengetahuan/keahlian, tapi dia sempat menuliskan ilmunya dalam sebuah buku. Ilmunya akan terus abadi dan bermanfaat bagi banyak orang. Walaupun orang itu telah lama meninggalkan dunia ini, ilmunya masih bisa kita pelajari dari buku yang pernah ditulisnya saat dia masih hidup. 


Saat ini sayapun sedang belajar menulis, belajar dari berbagai buku2 "tentang menulis" yg ditulis oleh para penulis profesional/ahli, seperti Hernowo, Andrias Harefa, Abdul Cholik, Wijaya Kusumah dll. Setelah membaca buku2 tentang menulis, saya langsung praktekkan isi bukunya yaitu dengan "menulis setiap hari." Walaupun terkadang hinggap rasa malas dihati untuk menulis, tapi saya usahakan untuk menulis setiap hari. Karena menurut saya, keahlian menulis hanya akan saya dapatkan, kalau saya PRAKTEK menulis setiap hari. 


Menurut pengalaman saya dalam menulis selama ini, kunci sukses menulis itu cuma ada dua syaratnya, yaitu :  "Banyak membaca buku dan Praktek menulis setiap hari". Membaca buku akan membuat pikiran kita mendapatkan banyak "kosa kata baru" dan mendapatkan "sudut pandang lain" (dari penulis buku)yang tak pernah terpikirkan oleh pikiran kita sebelumnya. Dan dengan praktek menulis setiap hari, akan membuat tulisan kita, semakin hari - semakin bagus dan enak dibaca. 


*Yuk kita menulis mulai hari ini juga, agar kita tidak hilang dalam sejarah dan dilupakan oleh anak cucu kita sendiri. Menulislah apa yang kita sukai/hobi, menulislah apa yang kita kuasai/keahlian, dan menulislah apa yang sudah pernah kita lakukan/pengalaman hidup. :-)


=> Aku menulis, maka aku ada.  Sudahkah kamu menulis dihari ini ?? 


(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Senin 22 Maret 2015, jam 06:48 wib) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...