Selasa, 17 Maret 2015

Penulis Pemula, Bakat Menulis dan Ide Menulis. (Tips Menulis Jilid 1) #41


Mulai hari ini saya akan menulis tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para penulis pemula. Dan saya juga akan menjawabnya sesuai dengan kemampuan ilmu menulis yang saya kuasai dan dari pengalaman bertahun-tahun menulis diblog. Jawaban-jawaban saya juga ada yang terinspirasi dari "buku2 tentang menulis" yang pernah saya baca selama ini.



Setiap pertanyaan dan jawaban tentang dunia tulis-menulis nantinya akan saya buat berseri/berjilid. Setiap jilid akan ada 3(tiga) pertanyaan2 yang sering ditanyakan oleh penulis pemula dan saya akan jawab secara singkat, sederhana, mudah dipahami dan bisa langsung dipraktekkan. Apa saja pertanyaan2 dan jawabannya, yuk kita baca satu persatu dibawah ini :


TANYA :
#1. Bagaimana cara menulis yang paling mudah untuk penulis pemula seperti saya ??

JAWAB:
Menulis itu sebenarnya mudah banget, yang paling penting adalah kamu punya KEMAUAN menulis yang kuat dan punya DISIPLIN diri untuk PRAKTEK menulis setiap hari. Cara menulis yang paling mudah cuma ada tiga syaratnya, yang pertama adalah : "Menulislah apa yang paling kamu sukai/hobi kamu.", Yang kedua adalah : "Menulislah apa yang paling kamu kuasai/keahlian kamu.",  Dan yang ketiga adalah : "Menulislah apa yang sudah pernah kamu lakukan/pengalaman hidup kamu."  

Intinya adalah kalau kamu menulis tentang hobi/kesenangan kamu, keahlian kamu dan pengalaman hidup kamu, maka nanti pada saat kamu menulis akan terasa mudah dan lancar.  *Percayalah......gak percaya ??  PRAKTEK menulis saja dulu yah..... :-)


TANYA : 
#2. Apakah menulis itu harus punya "bakat menulis" ??

JAWAB :
Menulis itu tak perlu harus punya "bakat menulis." Siapapun kamu dan apapun profesi/pekerjaanmu saat ini, saya yakin bisa menulis, yang penting adalah kamu masih punya jari tangan untuk menulis/mengetik. Menulis itu adalah suatu KETRAMPILAN. Dan yang namanya ketrampilan itu bisa dipelajari dan dilatih.

Rumus menulis adalah semakin kamu rajin belajar teori menulis(baca buku) dan tekun latihan PRAKTEK menulis(setiap hari), maka saya jamin lama-kelamaan pasti kamu akan jadi jago/ahli menulis. 


TANYA :
#3. Bagaimana cara paling mudah untuk mencari sebuah "ide tulisan" ??

JAWAB :
Ide tulisan itu bisa kamu dapatkan dari manapun juga. Ide tulisan yang paling mudah kamu dapatkan adalah dari pengalaman hidup kamu sendiri. Kamu bisa tuliskan pengalaman hidup kamu sehari-hari yang pernah kamu alami. Kamu bisa menulis tentang pengalamanmu disekolah/tempat kerja, atau menulis pengalaman saat kamu berwisata bersama keluarga/teman2 kamu.

Kamu juga bisa menulis pengalaman hebat dan berkesan yang pernah kamu alami, contohnya saat kamu mengikuti pertandingan olahraga, perlombaan menyanyi, olimpiade matematika diluar negeri, dll. Oh ya, kamu juga bisa mendapatkan "ide tulisan" dari membaca buku/novel/komik/blog, menonton film, mendengarkan lagu, curhat teman kamu, dll. 



=> Agar kamu semakin mudah belajar tentang teori menulis yang baik dan benar, maka saya akan rekomendasikan buku2 tentang menulis dari para penulis buku yang sudah terkenal, dan buku2 mereka juga sudah masuk buku "BEST SELLER". 

DAFTAR PUSTAKA :
Buku2 tentang menulis yang pertama yang saya rekomendasikan adalah buku2 karya ANDRIAS HAREFA.

Judul Buku : 
1. Agar Menulis - Mengarang Bisa Gampang. => http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=12&dn=20081213110312




(Penulis : Dani Kaizen - BloggerPreneur, Purbalingga, Selasa 17 Maret 2015, jam 01:34 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...