Rabu, 18 Maret 2015

Malas Menulis, Semangat Menulis dan Tulisan Yang Bagus. (Tips Menulis Jilid 2 ) #42


TANYA : 
#1. Bagaimana caranya agar saya tidak malas menulis ??

JAWAB :
Cara paling mudah agar kamu tidak malas menulis adalah dengan "praktek menulis setiap hari". Menulislah secara bebas dan sesuka kamu. Saat kamu menulis, kamu tak perlu pusing memikirkan ejaan/EYD dalam tulisan kamu. Dan janganlah kamu pusing memikirkan apa yang akan kamu tulis dihari ini. Tapi yang lebih mudah adalah tulislah apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan dihari ini.


TANYA :
#2. Bagaimana caranya agar saya tetap semangat dalam menulis ??


JAWAB : 
Cara agar kamu tetap semangat dalam menulis adalah saat kamu menulis kamu harus punya "tujuan" yang jelas. Tujuan menulis misalnya : kamu menulis ingin membuat sebuah buku, kamu menulis ingin menjadi penulis yang terkenal, atau kamu menulis hanya ingin sekedar berbagi ilmu yang kamu kuasai.

Apapun tujuanmu dalam menulis, itu adalah hak kamu, setiap orang punya tujuannya sendiri-sendiri. Maka tulislah saja hal-hal yang positif dan bermanfaat setiap hari, maka lama-kelamaan tujuan kamu dalam menulis akan semakin dekat sampai ketujuannya.


TANYA :
#3.  Bagaimana caranya agar tulisan saya semakin hari semakin bagus dan enak dibaca ??


JAWAB : 
Untuk bisa menulis yang bagus dan enak dibaca, kamu harus rajin belajar tentang teori menulis yang baik dan benar. Caranya yang paling mudah adalah dengan membaca buku-buku berkualitas tentang menulis. Baca buku-buku tersebut, pahami setiap kata2nya dan segera PRAKTEKKAN isi bukunya. Semakin kamu banyak baca buku2 tentang menulis, maka kamu akan semakin banyak memiliki kosa kata yang indah dan enak dibaca.  

Selain membaca buku, kamu juga harus praktek "menulis setiap hari". Praktek menulis setiap hari akan membuat kamu jadi terbiasa menulis, semakin kamu rajin praktek menulis setiap hari, maka lama-kelamaan tulisanmu akan menjadi semakin bagus dan enak dibaca.   *Buku rekomendasi tentang membaca dan menulis => https://www.facebook.com/dani.kaizen/posts/10203034532058612


Buku pintar menulis jilid 1, silahkan baca disini => http://bukukaizen.blogspot.com/2015/03/buku-pintar-menulis-jilid-1-41.html



DAFTAR PUSTAKA :
Buku-buku karya HERNOWO :
1. Mengikat Makna.
2. Mengikat Makna Untuk Remaja.
3. Mengikat Makna Update.
4. Mengikat Makna Sehari-Hari.
5. Quantum Writing.
6. Main-Main Dengan Teks.


(Penulis : Dani Kaizen - BloggerPreneur, Purbalingga, Rabu 18 Maret 2015) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...