Selasa, 03 Maret 2015

Tips Menulis. #27


Sesungguhnya menulis itu bukanlah pekerjaan yang sulit/susah, tapi masih banyak orang yang berkata bahwa "saya tidak bisa menulis", atau bilang "saya tidak berbakat menulis." Mereka punya keinginan untuk menulis, tapi anehnya mereka tidak juga menulis-nulis. Ada saja alasan mereka untuk tidak menulis, yang paling sering adalah "saya tidak punya waktu untuk menulis", mereka sok sibuk dalam pekerjaan, padahal setiap hari dan berjam-jam waktu mereka habis hanya untuk facebook-kan, bergosip/menggunjing kelakuan buruk orang lain dan nonton TV acara sinetron/infotainment yang tidak ada gunanya.



Menulis itu sebenarnya mudah banget, kamu saja yang malas untuk PRAKTEK MENULIS. Kamu terlalu banyak alasan ini dan itu, sehingga sampai saat ini, kamu terus saja menunda-nunda untuk menulis. Mulailah praktek menulis sekarang juga, tidak pakai tapi(banyak alasan) dan juga tidak pakai nanti(suka menunda-nunda). 


Menulis adalah ilmu ketrampilan, maka diperlukan belajar dan latihan untuk menguasainya. Semakin kamu sering belajar tentang teori menulis dan latihan praktek menulis, maka semakin hari tulisanmu akan menjadi semakin bagus dan enak untuk dibaca. Untuk itu saya akan bagikan "TIPS MENULIS" yang paling gampang kamu praktekkan. Baca tips-tips menulis dibawah ini, pahami setiap kalimatnya dan kemudian langsung PRAKTEK menulis. 


#1. MENULISLAH DENGAN BEBAS.

Tulislah apa yang sedang kamu pikirkan saat ini, tulislah apa yang sedang berseliweran dipikiran kamu saat ini. Menulislah terus, tak perlu memikirkan ejaan/tata bahasa dalam menulis. Teruslah menulis, tidak usah berpikir yang macam-macam. Menulis dengan bebas adalah cara paling mudah dalam menulis, karena menulisnya sesuka kamu saja, dan kapan saja kamu ada waktu ingin menulis, maka segeralah menulis.


#2. MENULIS APA YANG PALING KAMU SUKAI(HOBI KAMU).

Apapun kesukaan/hobi kamu saat ini(yang penting positif), maka coba tuliskanlah dengan cara yang "kamu banget". Tak perlu menjiplak gaya tulisan orang lain, tapi tulislah menurut gaya tulisanmu sendiri. Jadilah diri sendiri dalam menulis, karena saat kamu menjadi diri sendiri, maka kamu akan merasakan bahagia ketika menulis.


Kalau kamu suka musik, tulislah hal-hal tentang musik sesuai keahlianmu dalam bermain musik. Kalau kamu hobi memasak, maka tulis saja resep-resep makanan yang kamu kuasai. Kalau kamu suka olah raga beladiri, maka tulis saja trik-trik mudah dalam membela diri. Jika kamu suka membaca buku, maka tulislah hal-hal penting yang ada dalam buku tersebut.


#3. MENULIS APA YANG KAMU KUASAI (KEAHLIAN KAMU).

Apapun kelebihan dan keahlianmu saat ini, walaupun itu terlihat remeh dan sederhana, kalau itu bermanfaat, maka tulislah. Menulis sesuai dengan keahlian yang kamu miliki saat ini, pasti akan lebih mudah dan lancar dalam menulisnya. Karena setiap kata dan kalimatnya benar-benar sesuai dengan ilmu yang sudah kamu kuasai. Dan apapun profesi kamu sekarang ini, mulai hari ini juga, kamu bisa menuliskan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain sesuai dengan keahlianmu dibidang tersebut.


Kalau kamu seorang terapis, maka menulislah tentang cara penyembuhan menurut keahlianmu. Kalau kamu seorang ibu rumah tangga, kamu bisa menulis tentang bagaimana merawat dan mendidik anak. Kalau kamu seorang pebisnis online, maka tulislah tentang tip-tips dalam pemasaran secara online/internet marketing. Kalau kamu seorang blogger/penulis blog, kamu bisa tuliskan keahlian ngeblogmu - misalnya : cara membuat blog, cara menulis artikel didalam blog dll. 



#4. MENULIS APA YANG SUDAH KAMU ALAMI (PENGALAMAN HIDUP KAMU).

Kalau kamu suka bepergian ketempat-tempat wisata atau ke tempat-tempat yang indah didunia ini. Kamu bisa tuliskan pengalaman perjalananmu selama ini, dan agar tulisan kamu lebih "hidup", maka kamu bisa juga sertakan foto-foto tempat yang pernah kamu kunjungi. Kamu bisa juga menulis tentang pengalaman disekolah kamu, pengalaman saat kamu berkunjung kerumah kakek dan nenek, pengalaman saat kamu berwisata bersama keluargamu/teman-teman kamu.


Dan apapun pengalaman hidupmu yang menurut kamu indah dan menyenangkan, maka tulislah dalam "buku diary"(buku harian) kamu. Percayalah, suatu hari nanti ketika waktu sudah lama berlalu, tulisanmu akan sangat berarti dan bermakna bagi kehidupanmu.


=> Untuk bisa menulis dengan baik dan lancar, ada satu tips lagi yang sangat "power full" yang akan saya bagikan ke kamu. Tips menulis ini adalah sangat sederhana sekali dan mudah untuk dilakukan oleh kamu. Kalau kamu melakukan tips ini setiap hari selama kurang lebih 1-2 jam saja(lebih dari 2 jam juga boleh). Tips menulis ini adalah banyak-banyaklah "membaca buku-buku yang berkualitas".   *gampang kan.....


Kenapa kamu harus membaca buku2 yang berkualitas ?? karena tidak semua buku itu bagus dan harus kamu baca semuanya. Pilihlah hanya buku2 yang berkualitas dan baik + bermanfaat untuk kehidupanmu. Apa sih buku-buku yang berkualitas itu ? buku2 yg berkualitas adalah buku2 yang bisa membuat mind set/pola pikir kamu berubah menjadi lebih baik. Membaca buku2 tersebut akan membuat pikiran kamu menjadi terbuka dan lebih bijak dalam memandang kehidupan didunia ini.


Contoh buku-buku yang berkualitas adalah buku2 pengembangan diri/motivasi, buku2 inspirasi seperti "chicken soup for the soul", buku2 biografi orang sukses, buku2 bisnis online/internet marketing, dan manga/komik jepang yang lucu-lucu.   *biasanya buku2 berkualitas itu adalah buku2 yang sudah "best sellers". 



#5. MEMBACA BUKU-BUKU YANG BERKUALITAS.

Semakin kamu sering membaca buku-buku yang berkualitas, maka kamu akan semakin banyak "kosa kata" yang kamu miliki dipikiran kamu. Kalau kosa kata kamu semakin banyak, maka tulisanmu akan semakin bagus dan enak dibaca oleh orang lain. Ingatlah, penulis-penulis yang hebat(bukunya sudah best seller) pasti hobi  sekali dengan "membaca buku". Mereka walaupun setiap hari sudah sibuk dengan pekerjaannya, mereka selalu menyediakan waktu untuk membaca buku. Karena bagi mereka membaca buku adalah sudah menjadi "kebutuhan hidup" dan membuat hati mereka senang dan bahagia. :-)



=> MENULISLAH SEKARANG JUGA !! tidak pakai TAPI (banyak alasan) dan juga tidak pakai NANTI (suka menunda-nunda).



(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Selasa 03 Maret 2015, jam 05:07 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...