Jumat, 13 Maret 2015

Hal-Hal Yang Membuat Nyaman dan Betah Pengunjung Blog. #37


Kita terkadang sering banget mempercantik blog dengan berbagai widget/fitur blog yang  menurut kita keren dan menarik. Tapi itu justru malah membuat pengunjung blog menjadi terganggu dan membuat mereka tidak nyaman mengunjungi blog kita. Padahal yang paling utama dan penting didalam blog adalah KENYAMANAN dari pengunjung blog. Ada banyak hal yang membuat nyaman pengunjung blog, dan hari ini saya akan tuliskan hal-hal yang penting saja, yang bisa membuat pengunjung nyaman, senang dan betah mengunjungi sebuah blog.



1. Loading blognya cepat dan ringan.
 Kalau blog kamu sekarang loadingnya masih sangat lama dan berat, maka segeralah hapus/hilangkan widget2 yang tidak penting. Karena biasanya blog yang terlalu banyak widgetnya akan membuat loading blog menjadi lama dan berat. Blog yang loadingnya cepat dan ringan, sangat disukai oleh para pengunjung blog. Karena membuat mereka bisa cepat melihat dan juga membaca isi artikel/tulisan di blog kamu.


2. Template/tampilan blog yang bagus dan sederhana.
 Jika sekarang template blog kamu "rame banget"/back groundnya berwarna warni dan aneh-aneh, maka gantilah segera template blog kamu dengan template yang sederhana. Template yang sederhana itu pasti lebih banyak disukai oleh para pengunjung blog. Template yang bagus dan sederhana adalah yang berwarna putih.


3. Sediakan menu-menu navigasi yang bisa memudahkan pengunjung blog.
 Contohnya adalah menu Search/Pencarian, Daftar Isi Blog, Artikel Terbaru, Komentar Terbaru, Kategori/Label Blog, Arsip Blog, Buku Tamu/Cbox, Artikel Terkait, Top Komentator, Follow by Email, dan juga menu "About Me/Profil" pakailah foto profil yang asli.


4. Rajin-rajinlah meng-update artikel/tulisan2 yang menarik dan bermanfaat.
 Isi artikel itu adalah RUH/nyawa dari sebuah blog, maka buatlah artikel2/tulisan2 yang banyak dicari dan disukai oleh para pengunjung blog. Sebaiknya tulislah artikel2 dalam bidang yang kamu "kuasai/keahlianmu dan sukai/hobimu". Perhatikan juga tulisan kamu, ukuran hurufnya jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar, lebih baik yang normal/standar saja. Silahkan kunjungi link ini (Cara bikin artikel keren di blog) => https://www.facebook.com/notes/creative-talks-glen-tripollo/simple-blogging-tips-cara-bikin-artikel-keren-di-blog/548413271855238


5. Mudahkanlah pengunjung blog dalam berkomentar.
 Jika blog kamu kotak komentarnya masih menggunakan chaptcha/verifikasi kata dan moderasi/persetujuan admin, maka segeralah hapus/hilangkan dari blog kamu sekarang juga. Karena verifikasi kata dan moderasi itu hanya akan membuat susah dan ribet/pusing pengunjung blog dalam berkomentar.


6. Jawablah sesegera mungkin komentar2 dari pengunjung blog.
 Jawablah sesegera komentar pengunjung blog dengan bahasa yang santun dan baik. Walaupun terkadang ada juga yang berkomentar tidak nyambung dengan isi artikelnya, tetaplah kamu jawab dengan kata2 yang santun dan baik. Dan jawab juga chat/pesan di buku tamu/cbox, jika diblog kamu ada menu buku tamunya.


7. Gunakanlah hanya widget2/fitur blog yang sangat penting saja.
 Widget2/fitur blog yang aneh dan rame itu justru hanya akan menganggu dan mempersulit pengunjung blog dalam membaca artikel2/tulisan2 didalam blog kamu. Contoh widget yang tidak penting dan sangat menganggu pengunjung blog adalah widget back sound musik, pop up selamat datang, pop up like fans page facebook, pop up iklan, kursor yang bentuknya aneh-aneh, animasi hujan/salju, burung twitter yang me-layang2 dll. 

Pilihlah hanya widget2 yang penting saja dan juga memudahkan pengunjung bertamu dirumah blog kamu. Contohnya adalah widget/fitur blog : Search/Pencarian, Daftar Isi Blog, Arsip Blog, Tulisan Terbaru, Komentar Terbaru, Artikel Terkait, dll. 


8. Tambahkan gambar/foto yang sesuai dan pas dengan isi artikel yang kamu tulis di blog.
 Para pengunjung blog akan lebih tertarik membaca blog kamu, jika ada gambarnya. Karena sebuah gambar akan lebih memperjelas isi dari sebuah artikel/tulisan. Apalagi kalau artikel yang sedang kamu tulis itu adalah tentang tutorial/tips dan triks blogging.


9. Balaslah kunjungan mereka dengan mampir diblognya juga.
 Sebaiknya setiap ada yang berkunjung dan berkomentar diblog kamu, sudah selayaknya kamu balas berkunjung dan berkomentar diblognya juga. Itu adalah sebagai tanda silaturahmi antar blogger/penulis blog. Mungkin saja diblog mereka, saat kamu membaca artikelnya, kamu justru malah menemukan "ide" yang bagus dan menarik untuk kamu buat tulisan didalam blog kamu. 


10. Follow / ikutilah blog mereka yang sudah berkunjung diblog kamu.
 Walaupun mereka tidak menjadi followers/mengikuti blog kamu, lebih baik kamu follow/ikuti blog mereka, karena mereka sudah sudi mampir, membaca dan berkomentar diblog kamu. Mengikuti/menjadi followers blog orang lain itu akan membuat hati mereka menjadi senang dan bahagia. Dan mungkin saja mereka besok akan kembali lagi mengunjungi blog kamu dan mereka bisa juga malah justru menjadi pembaca yang setia diblog kamu.


*Demikianlah 10 hal yang bisa membuat pengunjung blog menjadi merasa nyaman, senang dan betah berkunjung di rumah blog kamu. Jika kamu punya hal2 lain yang bisa membuat pengunjung blog merasa nyaman berkunjung diblog , silahkan tulislah dikotak komentar ya . 


#Terimakasih.........Salam Blogger :-)      => (http://danikaizen.blogspot.com/)


(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Jum'at 13 Maret 2015, jam 06:45 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...