Minggu, 08 Maret 2015

Manfaat Membaca Buku. #32


Membaca buku itu banyak sekali manfaatnya bagi seseorang didalam kehidupannya. Manfaat membaca buku bagi setiap orang itu berbeda-beda dan setiap orang itu punya pengalaman sendiri yang unik didalam membaca buku. Membaca buku bukanlah pekerjaan yang sulit dan berat, hampir semua orang bisa mengerjakannya, tapi "MENIKMATI membaca buku" hanya bisa didapatkan oleh sedikit para pembaca buku. Kalau kamu membaca buku hanyalah "sekedar membaca saja", maka kamu tak akan bisa menikmati membaca buku. Manfaat membaca buku akan sangat terasa sekali bagi pembaca buku, jika ia bisa menikmati membaca buku tersebut.



Manfaat membaca buku itu banyak sekali, tapi saya hanya akan jelaskan 3 manfaat saja yang penting didalam membaca buku. Apa saja sih 3 manfaat membaca buku tersebut ??  Yuk kita ulas satu persatu 3 manfaat penting dalam membaca buku.



#1. MEMBACA BUKU MEMBUAT KITA BERTAMBAH ILMU.
Cara paling mudah dan praktis dalam mempelajari suatu ilmu baru yang belum kita ketahui adalah dengan MEMBACA BUKU. Karena dengan membaca sebuah buku, kita bisa lebih tau teori suatu ilmu yang benar dan efektif dari penulis buku tersebut. Kalau kita sudah paham ilmu teori(hanya tulisan) didalam sebuah buku, itu akan membuat kita melakukan sesuatu jadi tidak ngawur(karena kita sudah tau caranya yang benar). Setelah kita baca buku dan paham teori ilmu didalam buku tersebut, kemudian kita bisa praktekkan ilmu tersebut didalam kehidupan nyata. Karena dengan PRAKTEK lah, kita bisa "mengalami kebenaran" dari buku yang kita baca. 


Dengan rajin membaca buku-buku yang berkualitas, kita akan mendapatkan banyak ilmu yang berguna didalam kehidupan. Kita bisa banyak belajar dari para penulis buku tersebut, yaitu pengalaman-pengalaman hidupnya yang ia tulis didalam karangan bukunya. Rata-rata/kebanyakan umur para penulis buku itu sudah mencapai 40 tahun lebih, itu artinya kita sama saja belajar pengalaman hidup seseorang selama 40 tahun.     *keren kan :-)


#2. MEMBACA BUKU MEMBUAT OTAK KITA SEHAT.
Seperti tubuh kita yang membutuhkan makanan bergizi agar selalu sehat dan kuat. Maka otak kita pun juga membutuhkan makanan yang bergizi. Apakah makanan bergizi untuk otak kita ??  Yaitu buku-buku yang berkualitas dan positif. Apakah buku-buku yang berkualitas dan positif itu ?? Yaitu buku-buku yang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih terbuka/open mind dan membuat kehidupan kita menjadi lebih baik.


Contoh buku-buku yang berkualitas itu adalah buku2 pengembangan diri/motivasi, buku2 cerita inspiratif, buku2 biografi orang sukses, buku2/novel best seller dll. Semakin kita banyak membaca buku2 yang berkualitas, maka otak kita akan menjadi semakin sehat. Dan otak yang sehat, akan membuat pikiran kita juga menjadi lebih cerdas. Kalau pikiran kita sudah cerdas, maka kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi didunia ini dengan lebih bijak. 



#3. MEMBACA BUKU MEMBUAT KITA BAHAGIA.
Sesungguhnya bahagia itu sederhana, bahagia itu tak perlulah harus pakai syarat yang sulit dan alasan yang susah. Kalau harus pakai syarat sulit dan alasan yang susah, itu justru akan menjauhkan kita dari rasa bahagia tersebut. Syarat yang sulit untuk bahagia itu contohnya adalah : "Aku akan bahagia, kalau sudah punya uang 100 juta.", "Aku akan bahagia, kalau sudah bisa menjadi PNS/Pegawai Negeri.", "Aku akan bahagia, kalau sudah punya rumah yang mewah." dll. Alasan yang susah untuk bahagia itu contohnya adalah : "Kalau aku sudah kaya, aku akan bahagia.", "Kalau aku sudah menikah, aku akan bahagia.",  "Kalau aku sudah punya anak, aku akan bahagia." dll.


Bahagia itu sederhana, saat kita bisa MENIKMATI MEMBACA BUKU, saat itulah kita akan merasakan yang namanya bahagia. Kalau kita bisa menikmati saat kita membaca buku, maka hati kita akan merasakan bahagia. Apa tanda-tanda kalau kita sedang "menikmati membaca buku" ?? Tanda-tandanya adalah : kita sangat betah ditempat kita membaca buku tersebut(biasanya dikamar), saat membaca buku waktunya terasa cepat sekali berlalu, kita terkadang lupa untuk makan karena terlalu fokus membaca buku, kita seakan-akan ikut larut dalam kisah buku tersebut yang sedang kita baca(biasanya saat kita baca novel/komik). dll




=> Apakah hari ini kamu sudah menikmati membaca buku  ??


(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Minggu 08 Maret 2015, jam 23:37 wib) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...