Senin, 16 Maret 2015

Saat Aku Bosan Menulis. #40


Karena aku sekarang lagi "menulis setiap hari", kadang timbul rasa bosan dalam menulis. Rasanya malas banget untuk menulis, ide tulisan yang biasanya mudah datang dipikiranku, kini tidak juga datang menghampiri pikiranku. Walaupun aku paksa juga untuk menulis, jari-jari ini malah enggan untuk menulis. Rasanya seperti ada kekuatan yang tak terlihat, yang menyerang otak dan tubuhku. Membuat semangat menulisku hilang entah kemana, sehingga menulis satu paragraf saja terasa begitu berat dan susah. 



Bagaimanapun juga yang namanya kehidupan itu pasti ada "titik jenuh", yaitu jenuh(bosan)dalam mengerjakan sesuatu yang sama terus. Apapun yang kita kerjakan didunia ini, kalau dikerjakan setiap hari tak pernah libur, maka pastinya akan mengalami kebosanan. Begitupun juga pekerjaan menulis, kalau kita menulis setiap hari tanpa libur satu haripun, pastinya akan sangat membosankan dan melelahkan pikiran dan tubuh. 


Untuk itu saya akan berikan tips mudah untuk mengatasi rasa bosan dalam menulis. Sebenarnya sih ada banyak tipsnya, tapi saya tuliskan 3(tiga) tips saja yang sangat penting untuk mengatasi rasa bosan menulis. Yuk kita bahas satu persatu tipsnya. 


#1. MEMBACA BUKU.
Kalau kamu saat ini sedang bosan menulis, maka nikmati saja kebosananmu itu. Terimalah rasa bosan menulis itu dengan hati ikhlas dan damai. Setelah kamu sudah bisa menerima rasa bosan menulis tersebut dengan hati damai, maka langkah selanjutnya adalah lakukan tindakan selain menulis. Yang paling bagus adalah melakukan tindakan membaca buku.

Bacalah buku-buku yang paling kamu sukai. Kalau kamu suka baca novel, bacalah novel kesukaanmu. Kalau kamu suka baca manga/komik jepang, maka bacalah manga/komik jepang kesukaanmu. Setelah kamu selesai membaca buku(novel/komik), biasanya kamu akan mendapatkan "ide tulisan" yang sebelumnya tak terpikirkan oleh kamu.   *Baca komik bahasa indonesia secara online => http://www.komikid.com/


#2. MENONTON FILM.
Kalau kamu tak suka membaca buku, maka cobalah tonton film-film kesukaanmu. Boleh film jadul/lama, boleh juga film2 yang baru. Menonton film akan membuatmu menjadi lebih santai dan lebih fresh/bugar pikiranmu.

Dan saat kamu telah selesai menonton film, bisa jadi kamu malah akan mendapat "ide tulisan" dari cerita film tersebut.      *Kalau kamu lagi malas keluar untuk menyewa DVD film, maka kamu bisa tonton online atau download film2 yang bagus , disini => http://nontonmovie.com/


#3. TIDURLAH.  
Loh kok disuruh tidur ?? ya tidurlah, karena tidur adalah cara istirahat yang paling baik untuk memulihkan stamina tubuh kamu. Setelah seharian kamu sibuk dengan pekerjaan atau kegiatanmu disiang hari, maka tubuh kamu pasti akan mengalami kelelahan. Dan obat yang paling bagus untuk memulihkan tenaga kamu adalah dengan tidur. Bagaimanapun juga tubuh kamu perlu dijaga kesehatannya, dan cara menjaganya salah satunya adalah dengan istirahat tidur.

Setelah kamu bangun dari tidur dan kemudian mandi pagi, maka pikiran dan tubuh kamu akan lebih fresh/bugar. Dan ajaibnya, tiba-tiba banyak "ide tulisan" datang dalam pikiranmu, maka saat itulah kamu bisa melanjutkan menulis lagi dengan penuh semangat.


=> Intinya adalah kalau kamu saat ini sedang bosan menulis, maka berhentilah menulis. Tak perlu dipaksakan untuk menuliis terus. Lakukan saja kegiatan2 selain menulis. Contohnya ya diatas tadi :  #1. MEMBACA BUKU, #2. MENONTON FILM. #3. TIDURLAH. 

*Atau kamu bisa juga melakukan kegiatan2 yang lain, yang penting adalah kegiatan tersebut positif dan membuat hati kamu senang/bahagia.  


(Penulis : Dani Kaizen, Senin 16 Maret 2015, jam 05:21 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...