Rabu, 25 Maret 2015

Kesehatan Adalah Harta Yang Paling Berharga. #49


Kesehatan memang bukan segalanya dalam hidup didunia ini, tapi tanpa kesehatan, apapun yang kamu miliki didunia ini pasti tak bisa lagi kamu nikmati dengan baik. Ketika kesehatan itu pergi dari kehidupanmu(saat sakit), maka kamu baru merasakan dan menyadari bahwa ternyata "sehat" itu sungguh berharga dan merupakan kenikmatan yang paling nikmat didunia ini.



Saat kamu lagi sehat, sering kamu mengabaikan tubuhmu dengan bekerja terlalu keras dan kadang lupa untuk sekedar beristirahat. Padahal istrirahat itu sangat penting untuk tubuhmu, agar tubuhmu kembali fit/kuat lagi dalam bekerja. Kalau kamu setiap hari bekerja terus dan sering lembur, maka lama-kelamaan tubuhmu akan kelelahan dan akhirnya ambruk/sakit.


Dan saat kamu sedang sakit, kamu baru merasakan dan menyadari, bahwa ternyata kesehatan tubuh itu sangat penting didunia ini. Begitulah kehidupan, adakalanya kamu baru mendapatkan hikmah/pembelajaran hidup, justru disaat kamu lagi sakit dan tak berdaya. Pembelajaran hidupnya adalah nasehat ini memang benar adanya bahwa "mencegah itu memang lebih baik daripada mengobati. Karena ketika kamu sedang sehat, kamu seringnya meremehkan nasehat tersebut diatas. Saat kamu sakit, kamu baru "membenarkan"nya.


Bagaimana cara mencegah agar sakit itu tidak sering datang ketubuhmu ?? Sebenarnya caranya mudah sekali, yang sulit adalah mempraktekkannya dengan disiplin dan istiqomah/terus menerus. Cara mencegahnya yang pertama adalah dengan melakukan olahraga yang terukur dan teratur. Lakukanlah olahraga yang paling kamu sukai, dan lebih bagus lagi olah raganya bersama teman-teman kamu. Karena dengan berolahraga bersama-sama, maka pasti akan lebih bersemangat dan menyenangkan hati kamu.


Olahraganya tak perlu setiap hari kamu lakukan, minimal 3-4 kali dalam seminggu saja kamu berolahraga. Karena kalau berolahraga setiap hari juga tak baik untuk tubuh kamu, bisa-bisa tubuhmu malah kelelahan dan ambruk jatuh sakit. Waktu berolahraganya juga tak usah terlalu lama, cukup 1-2 jam saja. Kalau terlalu lama juga tidak bagus untuk tubuhmu(kecuali kalau kamu seorang atlet olahraga).


Semua orang tau, bahwa olah raga itu memang baik untuk mencegah sakit dan menjaga kesehatan tubuh agar selalu fresh dan fit/bugar. Tapi kenyataannya banyak orang yang malas untuk berolahraga(contohnya saya sendiri hehehe....), karena berbagai alasan, misalnya sibuk bekerja, sibuk belajar, sibuk latihan, sibuk sekolah, sibuk mengurus rumah tangga dll.


Apapun alasan kamu untuk malas berolahraga, ada baiknya kamu sempatkan waktumu untuk berolahraga. Mumpung tubuh kamu saat ini lagi sehat, maka berolah ragalah. Walaupun hanya dengan olahraga "berjalan kaki"saja, itu juga sudah bagus. Yang paling penting adalah lakukanlah olahraga jalan kaki itu secara terukur dan teratur.


Setelah kamu sudah berolahraga, apa yang seharusnya kamu lakukan lagi untuk mencegah sisakit datang ketubuhmu lagi ?? yaitu dengan "istirahat" secara teratur. Olahraga itu memang penting, tapi istirahat itu juga sangat penting dalam kehidupan kamu. Dengan istirahat, maka tubuhmu akan kembali fit dan semangat lagi. Setelah berolahraga, saat istirahat, maka kamu sebaiknya banyak minum air putih/bening yang banyak agar tubuhmu kembali fit lagi. Minum air bening yang banyak itu gunanya adalah agar tubuhmu tidak dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuhmu. (sebaiknya minum air bening, minimal 8 gelas dalam satu hari)


Istirahat yang paling baik adalah dengan "tidur", maka nya tidurlah dengan teratur. Jangan suka begadang setiap hari(tidak tidur dimalam hari/tidurnya pagi hari). Memangnya tidak boleh begadang ya ? Begadang sih boleh-boleh saja, yang penting jangan setiap hari. Karena kalau kamu begadang setiap hari, maka tubuhmu akan mudah lelah dan lemas serta penyakit akan gampang mampir ketubuhmu.


Kalau waktumu bekerja, maka bekerjalah dengan semangat. Kalau waktumu istirahat, maka gunakan waktu istirahatmu sebaik mungkin. Kalau waktumu melek/tidak tidur, maka gunakanlah untuk hal2 yang baik dan bermanfaat. Kalau waktumu merem/tidur, maka segeralah tidur, jangan ditunda-tunda dengan begadang.


*Selain berolahraga dan istirahat dengan teratur, ada banyak lagi cara agar tubuh kamu sehat dan bugar. Misalnya adalah makan dan minumlah yang halal dan baik2 saja. Berpikir positif dalam menghadapi masalah kehidupan dan selalu berprasangka baik kepada orang lain.


=> Kesehatan memang bukanlah segalanya dalam hidup ini , tapi segalanya akan mudah kamu nikmati kalau tubuh kamu dalam keadaan sehat. (Dani Kaizen). :-)


(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Rabu 25 Maret 2015, jam 05:25 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...