Kamis, 19 Maret 2015

Waktu Menulis, Bingung Menulis dan Menulis Setiap Hari. (Tips Menulis Jilid 3 ) #43



TANYA : 
#1. Saya setiap hari sibuk, saya gak ada waktu kosong untuk menulis. Bagaimana caranya mengatur waktu untuk menulis ??

JAWAB :
Taukah kamu, bahwa kita semua didunia ini dalam satu hari diberi waktu yang sama oleh Tuhan yaitu diberi jatah waktu hanya 24 jam saja. Orang kaya - orang miskin, orang pintar - orang bodoh, pekerja keras - pengangguran, pegawai negeri - pemulung, semuanya diberi jatah waktu yang sama yaitu 24 jam. Kalau kamu beralasan sibuk dan tidak ada waktu menulis, maka itu hanyalah pembenaran dirimu saja untuk tidak menulis. Kamu itu sebenarnya hanya MALAS menulis....hehehe :-)


Menurut saya tidaklah mungkin selama 24 jam waktumu hanya digunakan untuk bekerja terus, pasti ada saat waktu istrahatnya. Nah saat istirahat itu, bisa kamu gunakan untuk menulis, menulis apa saja, menulis apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan. Saat waktu sesudah sholat subuh(pagi hari), bisa juga kamu gunakan untuk menulis. Atau saat waktu kamu mau tidur dimalam hari, kamu bisa juga menulis. Oh ya saat kamu sedang menunggu sesuatu/seseorang, kamu juga bisa gunakan waktunya untuk menulis. Daripada kamu bengong dan bosan menunggu terus, lebih baik waktumu digunakan untuk menulis sesuatu. Kalau kamu saat itu tidak bawa buku dan pulpen, kamu kan bisa juga menulis di HP atau BB kamu.



TANYA :
#2. Saya kalau mau mulai menulis kok selalu bingung , apa yang harus saya lakukan ??


JAWAB :
Kebingungan saat mau MULAI menulis adalah wajar saja, saya juga kadang mengalaminya hehehe :-).  Yang harus kamu lakukan saat kamu lagi bingung adalah tetaplah kamu menulis, kamu jangan berhenti menulis. Menulislah terus, apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan saat itu, maka tulislah.

Biarkan jari tanganmu menulis/mengetik, jangan diedit, biarkan apa adanya. Kalau tulisanmu sudah banyak dan selesai, baru kamu bisa edit dan perbaiki, mungkin ada kosa kata yang salah. Mulai hari ini cobalah menulislah setiap hari, maka kebingunganmu lama-kelamaan akan semakin berkurang dan tulisanmu juga akan semakin bagus serta enak dibaca. 



TANYA :
#3. Bagaimana caranya agar saya bisa istiqomah/konsisten untuk menulis setiap hari ??


JAWAB :
Cara sederhana agar kamu bisa terus konsisten menulis setiap hari adalah "jangan suka menunda-nunda". Penyakit penulis pemula adalah ia suka menunda-nunda untuk menulis. Kalau kamu sudah niat mau menulis dan ada ide tulisan dipikiran kamu, maka segera tulislah. Karena kalau ide tulisan tidak segera ditulis, maka besoknya ide itu akan hilang entah kemana alias kamu akan lupa.

Dan semakin kamu tunda-tunda terus untuk menulis, misalnya : "nanti saja ah nulisnya", "besok saja ah nulisnya", "minggu depan saja ah nulisnya- kan aku masih banyak waktu". Ingatlah, semakin kamu menunda-nunda terus untuk menulis, maka saya jamin 100% kamu akan semakin malas untuk menuliskannya. Ayo prakteklah menulis sekarang juga, jangan suka menundanya. Apa yang bisa kau tulis dihari ini, maka segeralah tulis dihari ini juga.


Buku pintar menulis jilid 2, silahkan baca disini => http://bukukaizen.blogspot.com/2015/03/buku-pintar-menulis-jilid-2-42.html



DAFTAR PUSTAKA : 
Buku karya Bapak Guru WIJAYA KUSUMAH.




(Penulis : Dani Kaizen - BloggerPreneur, Purbalingga, Kamis 19 Maret 2015, jam 07:09 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...