Senin, 02 Maret 2015

Yuk Menulis. #26


Saat kamu mau menulis, apakah kamu pernah mengalami hal-hal seperti ini : mau menulis tapi bingung mau nulis apa ? sudah didepan komputer/laptop, tapi jari-jari tangan tidak mau menulis ? Semakin ingin kamu menulis, tapi malah kamu jadi sulit menulis ?. Mengapa menulis kok terasa susah dan malas banget ? Mengapa ingin menulis saja malah membuat kamu jadi stress dan pusing ??.



Sebenarnya masalah dalam menulis adalah pada diri kamu sendiri, yaitu kamu suka "banyak alasan dan suka menunda-nunda" dalam menulis. Ada saja alasan "pembenaran diri" untuk tidak menulis, misalnya tidak punya waktu menulis(sok sibuk), tidak punya ide tulisan, khawatir tulisannya jelek, takut tulisannya tidak ada yang baca, takut kalau ada mengkritik tulisan kamu, dan banyak lagi alasan2 yang sering kamu buat-buat sendiri. 


Kamu juga sering menunda-nunda untuk menulis, padahal kamu sudah niat untuk menulis. Tapi yang kamu lakukan didepan komputer/laptop malah keluyuran didinding facebook dan baca-baca status teman kamu yang tidak penting, terus balas-balasan komentar yang tidak ada gunanya. Kamu juga sering menunda-nunda  menulis dengan menonton video-video di youtube.com, nonton film yang lagi box office/popular, nonton kllp lagu kesukaan kamu, atau juga cuma nonton berita-berita artis/infotainment yang tidak mendidik dan cuma cari sensasi saja.


Sebenarnya masalah yang paling berat dalam menulis bukanlah dari luar diri kamu, tapi masalahnya adalah dari dalam diri kamu sendiri. yaitu mind set/pola pikir kamu yang masih berpikiran bahwa menulis itu sulit dan memerlukan bakat khusus. Kalau kamu sudah berpikiran bahwa menulis itu sulit, maka sampai kapanpun kamu tidak akan menulis-nulis. Pasti ada saja alasan dari kamu untuk tidak menulis, yang kadang alasannya kamu buat-buat sendiri. Semakin kamu banyak alasan, itu justru akan semakin membuat kamu malas untuk menulis.


Menulis juga tidak memerlukan bakat khusus, semua orang itu bisa menulis, asalkan dia masih punya jari-jari tangan untuk menulis. Dalam menulis itu sebenarnya tidak perlu "bakat menulis", menulis itu adalah masalah ketrampilan. Dan setiap ketrampilan itu bisa dipelajari dan bisa dilatih, semakin kamu rajin belajar teori menulis dan juga tekun latihan praktek menulis, maka lama kelamaan tulisan kamu pasti akan semakin bagus.


Belajar teori menulis itu gampang sekali, kamu tinggal buka saja google.com dan disana banyak sekali tips-tips menulis dari para penulis buku yang sudah terkenal. Ada yang gratis ada juga yang berbayar, kamu tinggal pilih sesuai keinginan kamu. Kamu bisa juga beli buku-buku tentang cara menulis dari para penulis buku-buku yang sudah best sellers, kamu bisa beli bukunya di toko buku gramedia atau beli secara online di internet. 


Setelah kamu beli buku tentang cara menulis, maka langkah selanjutnya adalah PRAKTEK MENULIS. Karena sebanyak apapun buku-buku tentang ilmu menulis yang kamu beli, kalau kamu tidak pernah latihan praktek menulis, maka tidak ada gunanya/sia-sia saja. Rajin-rajinlah menulis, kalau bisa menulislah setiap hari. Menulis setiap hari akan membuatmu menjadi terbiasa menulis, dan akibatnya tulisan kamu semakin hari pasti akan semakin bagus. Kamu bisa menulis di note/catatan facebook atau bisa juga menulis di blog. Kalau kamu tidak sedang online, kamu bisa juga menulis dibuku tulis, tulislah apa saja yang kamu sukai, menulislah bebas, apa yang sedang kamu pikirkan, tulis saja. 



=> Rahasia menulis adalah PRAKTEK MENULIS setiap hari, mulai hari ini juga menulislah setiap hari, tidak pakai tapi(banyak alasan) dan juga tidak pakai nanti(suka menunda-nunda). Lakukanlah sekarang juga !!!.




(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, senin 02 maret 2015 , jam 23.46 wib) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...