Rabu, 11 Maret 2015

Buku-Buku Yang Paling Berpengaruh di Dalam Hidupku. #35


Sebenarnya ada banyak judul buku-buku yang sangat mempengaruhi pikiran dan kehidupanku saat ini. Kebanyakan adalah buku-buku pengembangan diri/buku2 motivasi dan buku2 inspirasi. Buku-buku motivasi ada yang dari penulis luar/barat (buku terjemahan). Ada juga buku dari penulis indonesia. Dan ada 2(dua) buku pengembangan diri/motivasi yang sangat mempengaruhi pikiranku selama ini. Dua buku tersebut adalah 2 buku jadul, karangan dari penulis barat.



Buku pertama yang paling mempengaruhi pikiran dan kehidupan aku adalah buku berjudul "Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain", karya Dale Carnegie. Judul asli bukunya adalah "How to Win Friends and Influence People". Buku ini adalah buku jadul, tapi isinya sungguh sangat bagus dan mencerahkan pikiran pembacanya. Didalam buku ini, isinya bukan hanya soal teori berhubungan dengan orang lain, tapi juga diceritakan banyak kisah-kisah nyata yang sangat inspiratif. Menurut aku, buku ini adalah buku terbaik dalam soal cara bergaul dengan orang lain. Dan sebenarnya inti dari buku ini adalah "perlakukanlah orang lain, sebagaimana kamu ingin diperlakukan."


Satu-satunya cara untuk membuat orang lain menyukai kamu adalah menyukai mereka terlebih dulu. Hormati dan hargailah mereka terlebih dulu. Contoh praktisnya adalah : berminatlah kepada orang lain dengan tulus, jadilah pendengar yang baik, bicarakan topik yang mereka sukai, buatlah orang lain merasa penting, panggillah namanya dengan benar, ramahlah kepada orang lain dll.


Manusia itu sebenarnya sangat sederhana, mereka itu suka sekali dipuji dan tak suka dikritik. Makanya pujilah orang lain dengan tulus disaat banyak orang. Dan janganlah kamu suka mengkritik orang lain. Kalau kamu terpaksa mengkritik orang lain, maka kritiklah disaat orang itu hanya berdua dengan kamu, kritik dan beri solusinya juga. Kritiklah perbuatannya, bukan mengkritik personal orangnya. Kalau kamu mengkritik orangnya, itu sama saja kamu sedang mencaci maki dan mempermalukan orang tersebut.



Buku kedua yang paling mempengaruhi aku adalah buku dengan judul "Petunjuk Hidup Tentram dan Bahagia." karya Dale Carnegie. Judul asli bukunya adalah "How to Stop Worrying and Start Living." Buku ini isinya adalah tentang petunjuk atau cara membuat hidup kita menjadi tentram dan bahagia. Bagaimana caranya ?? Cara yang paling sederhana dan efektif adalah "Hiduplah diSaat Ini.", hiduplah dihari ini.


Janganlah kamu terlalu khawatir dan ketakutan dengan hari esok(masa depan) kamu, karena hari esok belum juga terjadi didalam kehidupanmu. Dan juga jangan kamu terlalu menyesali/trauma dengan hari kemarin(masa lalu)kamu, karena hari kemarin sudah terjadi dan hanya tinggal kenangan saja. Hiduplah untuk saat ini/hari ini, karena hanya HARI INI sajalah waktu yang kamu punya didunia ini. Gunakanlah waktumu dihari ini dengan sebaik mungkin dan nikmatilah hidup disaat ini dengan gembira dan ceria. 


Buku ini juga berisi tentang kisah-kisah nyata yang sangat inspiratif dan mencerahkan. Buku ini sangat "recommended" untuk orang2 yang sedang dalam kesedihan dan putus asa. Karena setelah mereka membaca buku ini, pikiran mereka akan lebih terbuka dan semangat hidupnya akan kembali lagi seperti sediakala. Semangat hidup akan kembali bergairah lagi dan hati mereka akan menjadi lebih tenang ketika menghadapi masalah didalam kehidupan didunia ini. 


=> Don't Worry be Happy


(Penulis : Dani Kaizen, Rabu 11 Maret 2015, jam 03:57 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...