Kamis, 12 Maret 2015

Hal-Hal Yang Membuat Tidak Betah Pengunjung Blog. #36


Setiap blogger pasti ingin blognya di kunjungi oleh banyak pengunjung, dan betapa senangnya hati kita kalau ada pengunjung yang setia dan betah banget membaca isi artikel/tulisan2 diblog kita. Tapi sayangnya banyak pengunjung yang tidak betah alias cuma mampir sekali saja, kemudian dia pergi tanpa meninggalkan jejak di kotak komentar. Oleh karena itu, hari ini saya ingin menuliskan hal-hal apa saja yang membuat TIDAK BETAH pengunjung blog.



1. Loading blognya terlalu lama.
Kalau blog kamu loadingnya terlalu lama, maka akan membuat pengunjung tidak jadi membuka blog kamu, karena mereka pasti akan malas menunggunya. Kamu tau kan, menunggu itu adalah pekerjaan yang paling membosankan didunia ini. Dan biasanya, loading blog menjadi lama/berat itu karena terlalu banyak widget yang tidak penting diblognya kamu.


2. Template/tampilan blog yang tidak enak dipandang mata pengunjung.
 Contohnya adalah template yang berwarna terlalu gelap/warna hitam sehingga tulisan/kata2 dalam artikel blognya menjadi sulit dibaca oleh pengunjung. Begitu juga dengan template yang terlalu cerah, biasanya yang berwarna merah menyala, karena warnanya itu bisa menyilaukan mata pengunjung. Lebih baik pakai template/tampilan blog yang berwarna putih dan tulisannya berwarna hitam, agar lebih mudah dan enak dibaca oleh pengunjung blog. 


3. Terlalu banyak widget/fitur blog yang tidak penting banget.
 Contoh widget yang tidak penting adalah : widget jam, kalender, flash animation, animasi ikan/hamster, video you tube, foto/gambar slide.


4. Banyak widget blog yang justru menganggu pengunjung blog dalam membaca artikel diblog.
 Contohnya : back sound musik, pop up selamat datang, pop up like fans page facebook, pop up iklan, kursor yang bentuknya aneh-aneh, animasi hujan/salju, burung twitter yang me-layang2. Silahkan kunjungi link ini (Widget2 blog yang sebaiknya dihilangkan) => https://www.facebook.com/notes/creative-talks-glen-tripollo/simple-blogging-tips-widget-widget-yang-sebaiknya-dihilangkan/548527711843794


5. Blog yang artikelnya tidak jelas tema/isinya.
 Maksudnya adalah blog yang isi artikelnya campur aduk, apapun tema ada di blognya, dari masalah cinta, berita, tutorial blog, gosip selebritis, dakwah agama, bahkan sampai curhatpun ada juga. Pokoknya serba ada deh isi artikelnya, dan isi artikelnya kebanyakan cuma curhat/keluhan yang tidak penting dan membosankan.


6. Artikel atau tulisannya sulit dibaca.
 Tulisannya biasanya yang berwarna warni ramai banget. Huruf kecil dan besar kurang pas penempatannya. Ukuran hurufnya terlalu kecil sehingga sulit dibaca oleh pengunjung blog. Atau hurufnya malah terlalu besar sehingga memenuhin halaman blog. Banyak salah ketik dalam menulis kata-kata/kalimatnya. Paragrafnya terlalu gembrot alias terlalu panjang sehingga membuat mata pengunjung cepat perih dan cepat lelah dalam membaca.


7. Artikelnya tidak bermanfaat untuk pengunjung.
 Contohnya adalah artikel curhat(curahan hati) se-hari2 yang isinya cuma keluhan saja. Artikel2 yang suka menebar kebencian kepada orang lain/kelompok lain. Artikel2 yang isinya cuma menyalahkan dan menghujat pendapat/pemikiran orang lain yang berbeda. Artikel/tulisan2 yang isinya memfitnah dan mengadu domba orang lain. Artikel2 yang isinya cuma kritikan dan selalu menyalahkan pihak lain serta merasa paling benar sendiri.


8. Malas meng-update blog(Membuat tulisan terbaru).
 Jangan biarkan blog kamu tak ter-urus terlalu lama/berbulan-bulan. Karena blog yang jarang di update/diperbarui, lama kelamaan pasti akan ditinggalkan oleh pengunjung blog. Blog kamu itu ibaratnya adalah rumah kamu didunia maya, kalau rumah kamu tak pernah kamu kunjungi dan dibersihkan, maka pastinya tak akan mungkin ada tamu yang mau berkunjung ke rumah kamu. Oleh karena itu rajin-rajinlah update blog kamu setiap hari, atau minimal satu minggu sekali ada postingan/tulisan terbaru diblog kamu.


9. Malas menjawab komentar.
 Sesibuk apapun kamu, ketika kamu ada kesempatan online/membuka blog , sebaiknya jawablah komentar dari pengunjung blog. Dan walaupun diblog kamu itu cuma ada satu komentar saja dari pengunjung, tetaplah dijawab dengan santun. Begitupun juga jika blog kamu menggunakan chaptcha/verifikasi kata dan moderasi/persetujuan admin dalam kotak komentarnya, itu akan sangat membuat pengunjung malas untuk berkomentar diblog kamu, karena itu terlalu ribet/susah dan merepotkan saja. Maka mulai sekarang juga, HAPUS chaptcha/verikasi kata dan HAPUS moderasi/persetujuan admin didalam blog kamu.


10. Terlalu banyak iklan yang tidak penting diblog.
 Pada umumnya pengunjung blog itu tidak suka blog yang ada iklannya, apalagi kalau iklannya terlalu banyak memenuhin halaman blognya, itu pasti akan sangat menganggu mata pengunjung blog. Kalau blog kamu ada iklannya, lebih baik isi iklannya yang wajar saja, tidak usah terlalu memenuhi halaman blognya.



*Sebenarnya masih banyak hal2 yang membuat tidak betah pengunjung blog, tapi saya cukupkan sampai 10 hal saja dulu ya. Jika teman2 mau menambahkan hal2 yang lain silahkan saja, tulis dikotak komentar dibawah postingan ini. Tolong juga mohon kritik dan sarannya untuk perbaikan blog ini.

#Terimakasih....salam blogger :-) => http://danikaizen.blogspot.com


(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Kamis 12 Maret 2015, jam 05:19 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...