Jumat, 13 Februari 2015

Tidak Semua Bid'ah Itu Sesat. #9


Apa sih bid'ah itu ?? mungkin teman2 ada yg belum tau artinya, menurut yg saya tau bid'ah itu adalah sesuatu yg baru atau hal2 yg belum pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad. Terutama  hal2 yg berhubungan dengan ibadah kepada Allah didalam agama Islam. Contohnya dalam ibadah sholat adalah, misalnya sholat shubuh itu kan cuma dua roka'at, eh karena kita saking semangatnya dalam beribadah, maka kita tambahkan sholat subuh itu menjadi 4 rokaat, atau misalnya puasa ramadhan itu kan cuma sampai maghrib saja dan kita harus buka puasa, eh karena kita masih kuat dan belum lapar, maka buka puasanya sehabis isya.



Apakah kamu pernah baca kalimat seperti ini : "bahwa semua hal yg baru dalam ibadah itu sesat", "semua bid'ah itu sesat dan menyesatkan". Mereka berpikir, kalau Nabi Muhammad saja tidak pernah mengerjakan, maka semuanya itu termasuk bid'ah yg menyesatkan dan berdosa. Padahal menurut pendapat saya, bahwa tidak semua bid'ah itu sesat dan menyesatkan, ada juga bid'ah hasanah alias bid'ah yg baik. Contoh bid'ah yg baik dalam soal ibadah adalah adzan/iqomat sholat mengunakan pengeras suara(dulu cuma pakai mulut doang), belajar membaca Al-Qur'an menggunakan MP3 atau DVD (dulu gak pakai MP3 dan DVD). berangkat haji menggunakan pesawat terbang (dulu cuma naik onta, bahkan ada yg berjalan kaki).


Sebenarnya bid'ah hasanah/baik itu pertama kali dikerjakan adalah oleh sahabat nabi Muhammad yaitu oleh Umar bin khatab, yaitu saat jaman khalifah Abu Bakar ash Shiddiq. Ceritanya pada waktu terjadi perang yg besar dan banyak para "penghafal Al-Qur'an" yg mati terbunuh, dan itu membuat khawatir Umar bin khatab, yaitu bisa2 nantinya akan habis/mati semuanya orang2 yg hapal Al-Qur'an dan maka Al-Qur'an akan hilang ditelan jaman. Maka Umar memberi saran kepada Abu bakar agar mengumpulkan dan menulis Al-Qur'an menjadi satu buku (Waktu jaman nabi Muhammad masih hidup, ayat2 Al-Qur'an itu memang belum menjadi satu buku). Maka jawab Abu bakar kepada Umar : Bagaimana mungkin aku akan berbuat suatu hal yg tidak diperbuat oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam..??, maka Umar berkata kepadaku, bahwa : Demi Allah ini adalah demi kebaikan dan merupakan kebaikan, dan ia terus meyakinkanku sampai Allah menjernihkan dadaku dan aku setuju, maka kini aku sependapat dengan Umar untuk mengumpulkan dan menulis Al-Quran menjadi satu buku. 


Maka saat jaman khalifah ustman bin Affan Al-Quran mulai di bukukan menjadi satu kitab, agar umat Islam mudah mempelajari ajaran didalam kitab sucinya. Coba bayangkan kalau Al-Qur'an masih berserakan di tempat2 yg beraneka macam, ada yg dibatu, didaun, ditembok, dll. Maka kita sebagai umat Islam jaman sekarang pasti akan sangat sulit mempelajarinya. Bid'ah hasanah/baik yg lainnya adalah ketika kitab suci AlQur'an diterjemahkan kedalam berbagai bahasa yg ada didunia ini, padahal dulu banyak ulama yg menentangnya, karena menerjemahkan Al-Quran itu menurut mereka adalah dosa. Sekarang bahkan dijaman internet ini, membaca dan mempelajari Al-Qura'an bisa melalui HP, BB, LapTop, ataupun Komputer.


Bid'ah hasanah yg lainnya adalah ketika sahabat Umar mengumpulkan orang2 yg sholat isya untuk sholat Tarawih berjamaah dimasjid satu bulan full. Karena menurut Umar: daripada orang2 sholat tarawih sendiri-sendiri dimasjid, lebih baik sholat berjama'ah saja biar rapi dan baik. Padahal pada waktu jaman Nabi Muhammad, beliau cuma sholat tarawih dimasjid cuma 3 kali saja, kemudian sholat tarawih dirumah. Nabi Muhammad mempunyai alasan yaitu agar nantinya umatnya tidak beranggapan bahwa sholat tarawih itu wajib di masjid. Karena sebenarnya sholat tarawih itu adalah sholat sunnah, bukan sholat wajib.


Waktu jaman khalifah Usman bin Affan pun ada juga bid'ah hasanah/baik yaitu waktu sholat jum'at ada dua kali adzan, padahal jaman nabi Muhammad masih hidup, adzan sholat jum'at itu cuma satu kali saja. Justru yang banyak orang tidak tau adalah bahwa pada jaman nabi Muhammad, adzan shubuh itulah yg dilakukan dua kali adzan, tapi jaman sekarang sholat shubuh adzannya cuma satu kali saja. Sebenarnya banyak bid'ah hasanah/baik yg lainnya, tapi saya cukupkan itu saja ya. Contoh yg lainnya silahkan cari sendiri saja di buku2 sejarah Islam yg popular.


Banyak muslim yg takut melakukan hal2 baik yg mereka anggap bid'ah, padahal kebaikan itu tidak pernah dilarang oleh Nabi Muhammad. Ada orang yg melarang mauludan/memperingati hari kelahiran nabi Muhammad, katanya itu tidak pernah dilakukan oleh nabi Muhammad. Sebenarnya tujuan mauludan kan itu baik yaitu untuk lebih mengenal sosok teladan kita yaitu nabi Muhammad. Ada juga yg melarang ziarah kubur, katanya itu bid'ah dan musyrik. Padahal tujuan ziarah kubur itu kan agar kita ingat kematian yg bisa datang kapan saja dia mau. Dan juga untuk mendoakan orang yg telah mati dikuburan.


Sebenarnya kita terlalu banyak berprasangka buruk kepada ibadah orang lain, sedikit sedikit mengatakan orang lain melakukan BID'AH, gampang banget mengKAFIRkan orang lain,  mudah tersinggung dan cepat banget marah2 kalau ada orang lain yg melakukan ibadah tapi caranya tidak sama dengan ibadah yg kita kerjakan selama ini.


Tanpa kita sadari, sesungguhnya kita sering melakukan "bid'ah yg buruk", yaitu hal2 yg tidak pernah dilakukan oleh nabi Muhammad. Contohnya adalah kita sering mencaci maki cara ibadah orang lain, padahal nabi Muhammad tidak pernah mencaci maki. Kita sering ber-ghibah dan memfitnah saudara seiman yg lain kelompok, padahal nabi Muhammad tidak pernah berghibah apalagi memfitnah orang lain. Kita sering mengkafirkan orang lain yg berbeda pemikiran/pendapat dgn pendapat kita, padahal nabi Muhammad tak pernah mengkafirkan orang lain. Nabi Muhammad adalah orang yg paling baik akhlaknya, tapi kita justru seringnya melakukan hal2 buruk yg tak pernah dilakukan oleh nabi Muhammad.


=> Intinya adalah sebenarnya bukan bid'ah yg membuat kita sesat, tapi "prasangka buruk" kitalah yg selama ini menghipnotis kita menjadi manusia yg gampang terprovokasi oleh orang lain. Sehingga kita beranggapan bahwa semua bid'ah itu adalah sesat dan menyesatkan. Padahal banyak banget bid'ah hasanah/baik yg sering kita lakukan tapi kita tak menyadarinya selama ini. Contohnya apa ya ? ya cari sendiri saja deh, kan kamu sudah besar dan cerdas.........wkwkkwkkw :-P




(Penulis : Dani Kaizen, Purbalingga, Jum'at 13 Februari 2015)

1 komentar:

  1. Benar sekali kang, ane setuju banget. Kalau tidak semua bid'ah itu sesat.
    Harus belajar banyak lagi nih

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel diblog ini, silahkan tinggalkan jejak kamu dengan berkomentar diblog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...